Mengulik Gaya Parenting Helikopter, Kelebihan dan Kekurangannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi orang tua bicara dengan anak. Shutterstock

Ilustrasi orang tua bicara dengan anak. Shutterstock

IKLAN

Keterlibatan berlebihan

“Orang tua helikopter cenderung sangat terlibat dalam kehidupan sehari-hari anak mereka, mulai dari tugas sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler hingga hubungan sosial,” kata Dr. Bash. "Mereka mungkin mengatur jadwal dan pilihan anak mereka secara mikro."

Pengawasan terus-menerus

“Orang tua helikopter dapat memantau dengan cermat aktivitas online, persahabatan, dan keberadaan anak mereka,” kata Dr. Bash. “Saat anak-anak masih kecil, mereka mungkin akan melayang-layang di atasnya di taman bermain untuk melindungi mereka agar tidak terjatuh atau terluka.” Orang tua helikopter bahkan mungkin menyela saat bermain untuk memberi tahu anak mereka apa yang harus dilakukan, kata Dr. Keder. Seiring bertambahnya usia anak-anak, orang tua helikopter bahkan mungkin pergi bersama anak mereka ke acara sosial atau kegiatan sekolah, Dr. Bash menjelaskan.

Sikap terlalu protektif

"Orang tua helikopter cenderung melindungi anak-anak mereka dari kekecewaan, kegagalan, atau kesulitan, berusaha mencegah mereka menghadapi tantangan atau membuat kesalahan, kata Dr. Bash.

Kontrol pengambilan keputusan

"Orang tua helikopter dapat mengambil sebagian besar keputusan untuk anak mereka, mulai dari memilih kegiatan ekstrakurikuler hingga memilih teman atau bahkan jalur karier mereka," kata Dr. Bash.


Pro dan Kontra Pengasuhan Helikopter

Seperti semua hal lainnya, ada keuntungan dan kerugian menggunakan jalur pengasuhan helikopter. Dengan pola asuh helikopter, “orang tua merasa nyaman karena mengetahui bahwa segala sesuatunya sudah selesai, dan mereka selesai sesuai keinginan mereka,” kata Gina Song, MD, dokter anak di Northwestern Medicine Delnor Hospital. “Terkadang hal ini nyaman dan bahkan lebih mudah serta tidak terlalu berisiko dibandingkan membiarkan anak-anak mandiri.”

Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua helikopter “mungkin merasa nyaman tanpa mengambil risiko dan meminta orang tua melakukan sesuatu untuk mereka,” kata Dr. Song. Orang tua helikopter juga sering kali menjalin hubungan yang dekat dan positif dengan anak mereka, kata Dr. Keder.

Namun mengasuh anak dengan helikopter masih jauh dari sempurna. “Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua helikopter mungkin kesulitan dalam mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan mengambil inisiatif karena terbatasnya peluang mereka untuk mandiri,” kata Dr. Bash. Anak-anak ini juga dapat mengembangkan kecemasan dan ketakutan akan kegagalan, karena mereka tidak terbiasa menghadapi tantangan sendiri, katanya. “Anda ingin memberi anak-anak kesempatan untuk mencoba hal-hal baru, sementara kita diam-diam berada di sana dengan jaring pengaman,” jelas Dr. Keder.

Dr Bash setuju. “Menyeimbangkan keterlibatan dan kemandirian sangat penting dalam mengasuh anak,” katanya. “Meskipun penting untuk memberikan dukungan dan bimbingan, orang tua juga harus memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka untuk membuat pilihan, belajar dari kesalahan, dan mengembangkan kemandirian.”

Dengan pola asuh helikopter, “kelihatannya orang tua terus-menerus membersihkan anak mereka,” secara fisik dan emosional, kata Dr. Keder. Orang tua helikopter sering kali mengambilkan mainan anak mereka, alih-alih mengajari mereka melakukannya. “Jika Anda selalu membersihkannya, mereka tidak akan pernah belajar membersihkan diri mereka sendiri,” kata Dr. Keder.

“Bahkan ada orang tua helikopter dari mahasiswa yang akan menelepon dan bertanya kepada profesor mengapa mereka melakukan ini dan itu,” kata Dr. Keder. "Mahasiswa seharusnya menanyakan pertanyaan itu sendiri."

Pengasuhan helikopter tentu saja tidak sempurna, meski memiliki beberapa manfaat. Ketika memilih cara menjadi orang tua, Dr. Keder merekomendasikan untuk mengambil elemen yang Anda sukai dari gaya pengasuhan yang berbeda. Ia berkata, "Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk memikirkan bagaimana kita membantu anak kita menjadi aman dan tenteram seiring berjalannya waktu, sekaligus mendorong perkembangan mereka."

Pilihan Editor: Psikolog Ungkap Gaya Parenting Ayah: Disiplin, Hangat, dan Aktivitas

POP SUGAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."