Mengulik Kecap Asin, dari Cara Pembuatan, Penggunaan, dan Penyimpanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kecap asin. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi kecap asin. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan Food and Travel kali ini, kita mengulik sejarah kecap asin. Berasal dari Cina, cairan berwarna coklat asin yang dikenal sebagai shoyu sebenarnya terbuat dari pasta kedelai yang difermentasi, biji-bijian panggang, brine (alias air garam), dan koji. (Ini berasal dari dinasti Han Barat pada tahun 206 SM dan secara historis digunakan sebagai cara untuk menyebarkan garam, komoditas mewah dan mahal, menurut Science and Civilization in China, Volume 6).

Pembuatan kecap asin tradisional membutuhkan waktu berbulan-bulan. Pertama, kedelai direndam dan dimasak, lalu gandum dipanggang dan dihancurkan. Kemudian campuran tersebut diinokulasi dengan koji, dicampur dengan air garam dan dibiarkan hingga matang.

Cairan tersebut diperas dari padatannya, dipasteurisasi, dimasukkan ke dalam botol,  dan akhirnya sampai ke meja Anda.

Tergantung pada negara dan wilayah asalnya, kecap asin dapat memiliki rasa yang berbeda dari botol ke botol, dan variasi serta rasanya tidak ada habisnya. (Terang, gelap, manis, dan kental adalah yang umum.)

Cara Menggunakan Kecap Asin

Kecap asin memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai bumbu sekaligus menambahkan lapisan rasa umami. Anda dapat menggunakannya dalam resep apa pun untuk mendapatkan tambahan rasa gurih, mulai dari telur goreng sederhana dan nasi kukus, tumis sayuran, sup, marinade, saus salad, dan saus.

Cara Penyimpanan Kecap Asin

Sebotol kecap yang belum dibuka dapat bertahan selama dua atau tiga tahun jika tidak disimpan di kulkas.

Sementara itu, botol kecap asin yang sudah dibuka di luar lemari es bisa bertahan hingga satu tahun. Meski begitu, akan kehilangan sedikit rasa. Menyimpannya di kulkas akan menjaga rasa kecap asin tetap prima.

Cara Membuat Bahan Pengganti Kecap Asin 

Jika ingin membuat bahan pengganti kecap asin buatan sendiri di rumah, begini caranya.

Bahan-bahan:

- 2 sendok makan kaldu sapi (biasa atau rendah sodium)

- 1 sendok teh molase

- 1 sendok teh sari apel atau cuka balsamic

- Sejumput jahe

- Sejumput bawang putih bubuk

- Lada hitam yang baru digiling, sesuai selera

Cara Membuat: 

1. Di dalam panci kecil dengan api sedang-besar, campurkan kaldu sapi, molase, cuka, jahe bubuk, dan bubuk bawang putih dengan ¾ gelas air.

2. Didihkan, lalu kecilkan api dan biarkan mendidih hingga cairan berkurang sesuai kekuatan rasa yang Anda inginkan, 10 hingga 12 menit.

3. Bumbui sesuai selera dengan sedikit lada hitam yang baru digiling. Campuran tersebut dapat disimpan di dalam kulkas hingga 5 hari.

Pilihan Editor: Kiat Membuat Saus Hollandaise, Kuncinya saat Menuang Mentega Cair Hangat

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."