8 Makanan Penyebab Dehidrasi, Makanan Cepat Saji hingga Bacon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi makanan cepat saji (pixabay.com)

ilustrasi makanan cepat saji (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda ada sejumlah makanan penyebab dehidrasi, makanan tinggi natrium berada di urutan teratas. Selain itu, kandungan mineral potasium dalam makanan tertentu juga bisa berfungsi sebagai diuretik dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah super tinggi, seperti halnya asam amino asparagin. Kemudian, setiap komponen makanan yang diketahui menyebabkan diare, seperti sorbitol pemanis buatan misalnya, juga dapat menyebabkan kehilangan air yang tinggi yang dapat mengakibatkan dehidrasi. Tanpa berlama-lama lagi, berikut deretan makanan penyebab dehidrasi yang perlu kita ketahui bersama.

1. Makanan Ultra-Olahan

Baik itu keripik kentang, makanan kemasan beku, makanan cepat saji, atau permen favorit Anda, termasuk makanan ultra-olahan yang paling membuat dehidrasi. Meskipun lezat, makanan ini menyumbang sebagian besar asupan natrium dan gula tambahan di seluruh Amerika, dan, dalam beberapa kasus, asupan protein juga.

2. Daging Deli

Meskipun merupakan pilihan makan siang yang enak, ada beberapa tanda bahaya yang perlu diperhatikan terkait daging deli dan kesehatan kita. Daging olahan seperti ini tidak hanya dianggap karsinogenik, seperti yang diperingatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi biasanya juga sarat dengan natrium (dan kadang-kadang dibumbui dengan tambahan gula), membuat yang menyantapnya rentan dehidrasi. Ham dan bacon adalah makanan yang harus sangat diwaspadai.

Alternatif yang bagus jika Anda tidak bisa menolak sandwich kalkun atau daging sapi panggang adalah memanggang potongan daging itu di rumah, mengiris, dan menikmati dengan bahan sandwich favorit Anda. Anda mungkin juga dapat meminta irisan ayam atau kalkun orisinal, yang tidak memiliki penyedap tambahan atau, atau paling tidak opsi rendah sodium, di toko daging atau toko bahan makanan lokal Anda.

3. Acar

Acar juga merupakan makanan penyebab dehidrasi. Sebab acar cenderung sarat dengan natrium. Untungnya, ada varietas natrium rendah yang tersedia, sehingga dapat membantu mengurangi rasa asin dan membantu Anda mencapai tujuan hidrasi sambil tetap memuaskan hasrat Anda.

4. Kecap Asin

Kecap asin menawarkan beberapa rasa umami yang paling menggoda, tetapi sayangnya kecap ini tidak banyak membantu kita dalam hal hidrasi, karena dikemas hingga penuh dengan natrium. Meskipun ada varietas natrium rendah yang tersedia, bahkan yang mengandung natrium jauh lebih banyak daripada yang ideal, menjadikan bumbu asin ini untuk dinikmati dengan hemat jika Anda sudah mengalami dehidrasi atau benar-benar mencoba meningkatkan permainan hidrasi Anda.

5. Makanan Penutup

Baik dibuat dengan gula rafinasi atau pemanis buatan, makanan penutup seperti kue, es krim, dan lainnya dapat menyebabkan dehidrasi. Ini karena tambahan gula bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan, sementara beberapa pengganti gula sebenarnya dapat menyebabkan diare, yang benar-benar dapat merampas simpanan air kita yang berharga.

6. Asparagus (Tapi Hanya dalam Jumlah Berlebihan)

Secara teknis, asparagus memang mengandung asparagin tingkat tinggi, yang merupakan diuretik. Sayuran musim semi ini tidak hanya menyebabkan kencing Anda berbau, tetapi juga memberi sinyal pada tubuh Anda untuk memproduksinya lebih banyak lagi.

Tapi tetap saja, asparagus sebagian besar adalah air, jadi jangan terlalu khawatir. Efek dehidrasi dari sayuran ini lebih memprihatinkan jika Anda makan dalam jumlah banyak (seperti lima porsi atau lebih) atau berada dalam posisi di mana Anda lebih rentan terhadap dehidrasi, seperti jika Anda sakit parah.

7. Artichoke

Juga seperti asparagus, artichoke mengandung tinggi asparagin, dan dianggap sebagai makanan diuretik. Namun, hanya sedikit dari kita yang akan makan cukup artichoke pada hari tertentu untuk benar-benar mengacaukan status hidrasi kita.

8. Bit

Sama halnya dengan dua sayuran lainnya dalam daftar ini, bit penuh dengan nutrisi. Namun, salah satu nutrisi yang paling tinggi adalah potasium, yang dikenal membantu membuang cairan dari tubuh (hal yang baik dan perlu dalam jumlah yang tepat). Ini bisa menjelaskan dengan sangat baik mengapa jus bit favorit Anda membuat Anda lebih sering berlari ke kamar mandi daripada minuman lainnya. Jadi ingat saja, semakin sering Anda buang air kecil, semakin besar kemungkinan Anda perlu minum untuk mengisi kembali cairan tersebut.

Pilihan Editor: Penyebab dan Gejala Dehidrasi, Anak-anak dan Lansia Paling Rentan Kurang Cairan

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."