9 Bahan Pengganti Kecap Asin, dari Kaldu Jamur Kering hingga Pasta Miso

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kecap asin. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi kecap asin. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kecap asin adalah salah satu 'pahlawan' dapur kita. Kecap asin memberi tambahan rasa umami, membuat saus yang enak untuk tumisan. Dan, Anda tidak bisa menyantap sushi atau pangsit tanpa adanya kecap asin di sampingnya. Bilamana Anda kehabisan kecap asin saat akan memasak, berikut sembilan bahan pengganti kecap asin yang bisa dicoba.

1.Tamari

Jika Anda tidak sedang menghadapi alergi kedelai atau memantau asupan natrium Anda, tamari memiliki rasa yang paling mirip dengan kecap asin. Itu karena juga terbuat dari kedelai dan diseduh dengan cara serupa, tapi tidak mengandung gandum, jadi bebas gluten. (Namun, beberapa merek mengandung sedikit gandum, jadi periksa labelnya jika Anda bebas gluten.)

Saus ini dapat menggantikan kedelai dengan perbandingan 1:1 karena kandungan garamnya juga sama. 

Penggunaan: Hidangan apa pun yang membutuhkan kecap. Tamari bisa menggantikan kecap asin dengan perbandingan 1:1

2. Saus Worcestershire

Saus fermentasi lainnya adalah bumbu asal Inggris. Saus worcestershire mengandung campuran cuka malt, ikan teri, rempah-rempah, gula, garam, bawang putih, bawang bombay, ekstrak asam jawa, dan molase. Dari segi rasa memiliki kualitas umami yang sama dengan kecap asin, tetapi lebih sedikit natrium dan tidak mengandung kedelai atau gluten. Tetapi jika Anda alergi terhadap kerang atau makanan laut, sebaiknya lewatkan saja.

Penggunaan: Hidangan yang menggunakan kecap untuk memberi rasa tetapi tidak asin, karena Worcestershire kurang asin.bWorcestershire bisa menggantikan kecap dengan perbandingan 1:1

3. Coconut Aminos

Terbuat dari nira kelapa yang difermentasi, coconut aminos memiliki profil rasa umami yang mirip dengan kecap asin. Rasanya sedikit lebih manis, tetapi juga lebih rendah natrium (sekitar 90 miligram per sendok teh dibandingkan dengan 290 miligram dalam kecap) dan bebas gluten.

Penggunaan: Hidangan apa pun yang membutuhkan kecap. Coconut aminos bisa menggantikan kecap dengan perbandingan 1:1

4. Liquid Aminos

Liquid Aminos adalah konsentrat protein cair yang terbuat dari kedelai, tetapi tidak difermentasi. Seperti coconut aminos, ini bebas gluten, tetapi mengandung kedelai dan memiliki kandungan natrium yang serupa. Rasanya sangat mirip kecap, meski lebih lembut dan manis.

Penggunaan: Hidangan apa pun yang membutuhkan kecap. Liquid aminos bisa menggantikan kecap dengan perbandingan 1:1.

5. Kaldu Jamur Kering

Jika Anda membutuhkan pengganti kecap yang bebas gluten dan kedelai serta rendah natrium, jamur shiitake kering bisa digunakan dalam keadaan darurat. Rehidrasi jamur dalam air, lalu gunakan cairan rendaman tersebut sebagai pengganti kecap. Ini bukan pengganti terdekat, tapi ini memberikan rasa umami.

Penggunaan: Hidangan yang hanya membutuhkan sedikit kecap asin, karena rasanya kurang pekat. Kaldu jamur bisa menggantikan kecap dengan perbandingan 1:1, tapi bumbui dulu dengan garam.

6. Kecap Ikan

Bumbu beraroma ini terbuat dari ikan atau krill yang difermentasi dengan garam hingga dua tahun. Kecap ikan memiliki kualitas umami yang gurih seperti kecap asin, namun Anda mungkin tidak ingin menggantinya dalam jumlah yang sama, karena lebih pedas daripada shoyu.

Penggunaan: Hidangan apa pun yang menggunakan kecap. Untuk jumlah kecap tertentu, gunakan sepertiga kecap ikan dan dua pertiga jus lemon.

7. Pasta Miso

Seperti kecap, pasta miso adalah bahan fermentasi yang terbuat dari kedelai, garam, dan kji (walaupun ada banyak variasi yang dibuat dari biji-bijian lain seperti jelai atau beras). Rasanya juga asin dan gurih seperti kecap, dan jika dicampur dengan air, bisa digunakan sebagai pengganti dalam keadaan darurat. 

Penggunaan: Sup dan saus dengan banyak cairan, sehingga miso bisa meleleh. Pasta miso bisa menggantikan kecap dengan perbandingan 1:2, menggunakan miso dua kali lebih banyak dibandingkan kecap dalam resep.

8. Ikan Teri

Menukar ikan teri dengan kecap tidak akan berhasil di setiap resep. Tapi ikan kaleng kecil yang disetujui koki bisa menambah rasa gurih, dan rasanya tidak amis. Jika Anda membuat sesuatu seperti saus matang atau kari, beberapa ikan teri cincang halus akan langsung meleleh. 

Penggunaan: Saus matang yang membutuhkan kecap, yang akan memberi kesempatan pada ikan teri untuk meleleh ke dalam masakan. Mulailah dengan satu atau dua buah teri cincang, lalu cicipi dan sesuaikan kebutuhan.

9. Garam

Sama seperti garam, kecap asin juga merupakan bumbu masakan. Dan meskipun rasanya jauh lebih kompleks daripada Diamond Crystal biasa, Anda dapat menggunakan garam sebagai pengganti dalam keadaan darurat. Tapi ingatlah bahwa Anda akan kehilangan faktor umami.

Penggunaan: Hidangan yang tidak mengandalkan kecap asin untuk semua rasa (atau kelembapannya), karena garam tidak terlalu rumit dan tidak berbentuk cair. Untuk mengganti kecap asin dengan garam, cukup bumbui sesuai selera.

Pilihan Editor: 7 Manfaat Ketumbar untuk Meningkatkan Imunitas hingga Mengontrol Gula Darah

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."