Cara Obati Kangen Tanah Air Ketika Sekolah di Luar Negeri Ala Sarwendah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Aktris Sarwendah Tan pada Peluncuran Festival Jajanan Bango pada 27 Oktober 2023/FJB

Aktris Sarwendah Tan pada Peluncuran Festival Jajanan Bango pada 27 Oktober 2023/FJB

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris sekaligus ibu empat anak Sarwendah Tann mengaku suka sekali masakan nusantara. Ia pun menceritakan salah satu caranya mengobati rasa kangen rumah ketika sedang berada di luar negeri. Sarwendah mengatakan ia suka makan nasi yang dihidangkan dengan kecap, telur ceplok, dan kerupuk ketika merindukan makanan Indonesia semasa bersekolah di Beijing, Cina.

“Dulu, aku sekolah di luar negeri itu, kalau aku lagi kangen makanan Indonesia, yang aku makan adalah nasi putih pakai kecap pakai kerupuk, telur ceplok. Itu udah enak banget,” kata Sarwendah pada peluncuran Festival Jajanan Bango di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023.

Bagi eks anggota grup Cherrybelle ini, cita rasa telur ceplok sendiri sudah cukup enak, terlebih apabila dikombinasikan dengan kecap asal Indonesia.

Menurut dia, masakan Cina memiliki aroma rempah-rempahnya tersendiri. Oleh karena itu, keberadaan kecap manis dengan aroma rempah khas Indonesia menjadi obat rindu bagi Sarwendah ketika ia berada di luar negeri.

Selain menyantap nasi dengan lauk telur ceplok, kerupuk, dan dibumbui kecap, Sarwendah juga mengungkapkan bahwa ia menjadi langganan di salah satu penjual satai di Cina yang menggunakan kecap manis asal Indonesia. “Aku itu tipikal kalau udah suka satu hal, kalau ganti rasa itu aku tahu,” kata Sarwendah.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika menjadi pembicara dalam konferensi pers Festival Jajanan Bango 2023 yang digelar di Jakarta. Lebih dari 100 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kuliner berpartisipasi dalam Festival Jajanan Bango 2023. Jumlah peserta ini lebih tinggi apabila dibandingkan FJB 2022 yang diikuti oleh 90 peserta UMKM.

FJB telah diselenggarakan secara rutin sejak 2005. Festival kuliner itu menyajikan ragam kuliner dari Sabang sampai Merauke. Pada festival tahun ini, penyelenggara FJB mengangkat tema, “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”.

Hal terbaru dalam FJB 2023 adalah pengalaman multisensori untuk membangkitkan sejuta rasa Nusantara. Melalui pengalaman multisensori tersebut, pengunjung diharapkan dapat terlarut dalam pesona kuliner Indonesia dengan memanfaatkan kelima indera. FJB 2023 berlangsung dari 27–29 Oktober 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pilihan Editor: Potret Sarwendah Bersama Ketiga Anaknya, Manis dan Bernuansa Etnik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."