Menjajal Resep Kuah Odeng Korea yang Cocok Disantap saat Musim Hujan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menu Utama Yeobo Topokki - Odeng/Yeobo Topokki

Menu Utama Yeobo Topokki - Odeng/Yeobo Topokki

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan panas berkuah sangat cocok dinikmati saat musim hujan. Selain bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, hidangan tersebut bisa membantu kita tetap terhidrasi. Saat menikmatinya, sensasi hangat yang menjalar ke perut bisa membuat nyaman. 

Ada banyak makanan hangat berkuah di Indonesia. Sebagai negara yang kaya tradisi kuliner, di setiap daerah hampir bisa ditemui makanan berkuah yang khas. Bahkan banyak makanan berkuah tradisional Indonesia yang menempati urutan atas hidangan terlezat di dunia. Rawom misalnya, hidangan khas Jawa Timur itu menempati urutan utama sebagai makanan berkuah terlezat di dunia versi TasteAtlas, sebuah situs panduan wisata dan kuliner populer di dunia. 

Namun selain makanan tradisional, banyak juga hidangan berkuah dari negara asing yang juga populer dinikmati. Salah satunya odeng dari Korea. Dilansir dari laman kimchimari.com, odeng merupakan makanan berkuah yang berisi fishcake khas negeri ginseng. Rasanya yang pedas, gurih, dan menghangatkan perut membuat odeng banyak diminati ketika mendekati musim dingin ataupun hujan. 

Dilihat dari wujudnya, Kuah odeng Korea cenderung bening serta memiliki rasa yang cukup tajam. Namun ada juga yang memambahkan berbagai bumbu atau sambal untuk menambah cita rasanya. Selain bisa ditemui di restoran Korea, hidangan ini kerap dijumpai di minimarket. Berbagai varian dumpling dan sayur atau mi kerap melengkapi hidangan yang mirip cuanki tersebut. 

Selain bisa dibeli di restoran atau minimarket, saat ini mulai ada yang menjual odeng instan. Namun makanan Korea ini juga bisa dibuat sendiri. Berbagai bahan pendukung seperti fishcake, topokki, aneka dumpling atau sayuran juga banyak yang menjual. Untuk membuat odeng sendiri kuah khasnya adalah unsur penting. Sebab, kunci kelezatan hidangan itu terletak pada kualitas kuahnya.

Dilansir dari masterclass.com, untuk membuat kuah odeng yang mirip dengan yang dijual di restoran yaitu jangan terlalu lama memasak kaldu, gunakan kecap asin, serta bumbu khas Korea. Dilansir dari cookpad.com, berikut resep untuk membuat kuah odeng khas restoran.

Bahan-bahan:

- Fish cake sebanyak 2 lembar

- Kaldu ayam

- Air volume 500 ml

- Minyak wijen ½ sendok makan

- Kecap asin dan kecap ikan masing-masing 2 sendok makan

- Penyedap merk Totole, garam, dan lada bubuk secukupnya

- Gula 2 jumput

- 3 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih

- Daun bawang 1 tangkai

- Chili oil

Cara Membuat:

1. Sebanyak 500 ml air dimasak hingga mendidih, kemudian masukkan kecap asin, kecap ikan, garam, gula, lada, minyak wijen, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah

2. Potong fish cake secara vertikal, lalu tusuk zig-zag memanjang

3. Aduk kuah agar bumbu cepat merata, setelah mendidih barulah masukkan fish cake yang sudah dibuat menyerupai sate

4. Panaskan hingga tekstur fish cake mengembang, setelah itu tiriskan kuah serta odeng. Hidangkan bersama chili oil bagi penyuka rasa pedas

5. Kuah odeng pun dapat dinikmati

Semangkuk odeng hangat sangat cocok dinikmati saat hujan. Tak ada salahnya menikmati hidangan tersebut dengan nasi hangat.   

Pilihan Editor: Perlu Pakai Tabir Surya di Musim Hujan?

MELINDA KUSUMA NINGRUM | HISYAM LUTHFIANA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."