7 Manfaat Ketumbar untuk Meningkatkan Imunitas hingga Mengontrol Gula Darah

Ilustrasi ketumbar. Pixabay.com

kesehatan

7 Manfaat Ketumbar untuk Meningkatkan Imunitas hingga Mengontrol Gula Darah

Jumat, 27 November 2020 08:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketumbar dikenal sebagai bumbu masak yang populer di seluruh dunia. Namun, selain untuk bumbu masakan, manfaat ketumbar juga banyak untuk kesehatan karena kandungan antioksidannya.

Dari menurunkan gula darah hingga meningkatkan imunitas, berikut delapan manfaat ketumbar seperti dilansir dari laman Healthline.  

1. Menurunkan gula darah

Ketumbar dapat menurunkan gula darah dengan mengaktifkan enzim tertentu. Efeknya cukup kuat sehingga orang dengan gula darah rendah harus menggunakannya dengan hati-hati.

2. Meningkatkan imunitas

Ketumbar menawarkan beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, termasuk terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang mungkin memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan, dan efek pelindung saraf, menurut penelitian tabung dan hewan oleh Alexander Yashin dkk pada 2017 dan beberapa penelitian lain.

3. Baik bagi kesehatan jantung

Ketumbar dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik). Pola makan kaya rempah tampaknya dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena secara tidak langsung mengurangi asupan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

4. Melindungi kesehatan otak

Banyak penyakit otak, termasuk Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, berhubungan dengan peradangan. Sifat anti-inflamasi ketumbar dapat melindungi dari penyakit ini.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar hampir sama efektifnya dengan Diazepam, obat kecemasan umum, dalam mengurangi gejala kondisi ini.

5. Menyehatkan pencernaan

Ketumbar dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan rasa tidak nyaman yang sering dialami oleh penderita sindrom iritasi susu besar atau IBS. Di Iran, bumbu ini digunakan untuk meningkatkan nafsu makan yang telah terbukti dalam penelitian terhadap hewan.

6. Mengatasi infeksi

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba dodecenal yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit bawaan dari makanan dan patogen seperti Salmonella.

7. Merawat kulit

Ketumbar mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga dapat membantu mengobati ruam kulit ringan.

Selain itu, banyak orang memanfaatkan jus daun ketumbar untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat berminyak, atau kekeringan. Meskipun demikian, penelitian tentang penggunaan ini masih kurang.