10 Alasan Mengapa Makan Wortel Baik untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi potong wortel. shutterstock.com

Ilustrasi potong wortel. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti sayuran lainnya, wortel kaya gizi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kamu mengetahui makan wortel baik untuk mata, ternyata bukan itu saja khasiat sayuran berwarna oranye yang kaya betakaroten, serat, dan air ini. Lebih lengkapnya, yuk sama-sama kita simak sejumlah alasan mengapa pentingnya makan wortel untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Penglihatan

Warna merah cerah atau oranye pada wortel merupakan tanda yang jelas dari kekayaan beta-karoten, antioksidan yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan penglihatan dan mencegah rabun senja sehingga membantu Anda menjadi lebih sehat. Jadi, memasukkan wortel ke dalam menu makanan akan membantu Anda menghilangkan penglihatan kabur dan mencegah kacamata.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Wortel kaya antioksidan seperti karotenoid dan vitamin C, yang membantu tubuh dan kulit Anda menjauhkan kotoran dari luar dan melawan kerusakan akibat radikal bebas, sehingga meningkatkan kesehatan kulit. Jumlah vitamin C yang ada dalam wortel juga membantu produksi kolagen, menjaga kulit tetap awet muda dan elastis.

Untuk hidangan cepat saji yang menyegarkan, renyah, dan penuh nutrisi, cukup parut wortel dan kubis lalu campurkan dengan dadih atau saus krim. Tambahkan beberapa kacang ke dalam campuran dan nikmati wortel coleslaw dengan keripik atau roti.

3. Penguat Kekebalan Tubuh

Sebagai sumber Vitamin B6 dan C yang baik, wortel memastikan sistem kekebalan tubuh Anda tetap optimal. Kedua vitamin tersebut berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang kuat dan membantu mencegah segala jenis infeksi, flu, atau penyakit yang menghampiri Anda. Plus, Vitamin B6 mendukung produksi antibodi yang membantu Anda cepat pulih pascainfeksi.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Wortel kaya serat yang merupakan sumber penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Wortel mendukung usus yang sehat dan buang air besar yang teratur yang membantu Anda tetap berenergi dan aktif sepanjang hari. Ditambah lagi, serat mencegah sembelit dan kembung sehingga Anda tidak menghadapi hari-hari yang buruk. 

5. Bantu Penurunan Berat Badan

Wortel termasuk sayuran yang bantu menurunkan atau menjaga berat badan karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah. Ditambah lagi, kandungan air dan seratnya tinggi, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sifatnya yang mengenyangkan membantu mengekang rasa lapar, mengurangi keinginan untuk ngemil yang tidak perlu. Dengan profilnya yang kaya nutrisi, wortel mendukung penurunan berat badan dengan mengurangi makan berlebihan di antara waktu makan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."