5 Bahan Makanan Ini Beri Nutrisi Kesehatan Kulit, dari Wortel hingga Buah Beri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang wortel. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita memegang wortel. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan memiliki nutrisi yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tidak terkecuali bagi kulit yang menjadi lapisan terluar dan cenderung terpapar radikal bebas. Inilah alasan mengapa penting menjaga kesehatan kulit

Lantas, apa saja kelima bahan makanan bernutrisi yang baik dikonsumsi untuk kulit tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Black Sugar

Black sugar kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit. Kandungan ini sudah dikenal efektif untuk eksfoliasi kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo hitam (blackheads).

Tak banyak produk dengan kandungan black sugar yang ditemui di Indonesia. Untuk itu kamu bisa menggunakan Black Sugar Mask Wash Off dari Skinfood secara rutin 2-3x seminggu untuk menghaluskan, mengurangi komedo, dan menjaga keremajaan kulit. Cara pemakaian yang mudah juga bisa menjadi alasan kamu untuk mencoba produk ini, karena kamu hanya perlu mengaplikasikanya secara lembut ke wajah, lalu pijat secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Ekstrak black bee propolis

Sejak zaman dahulu, lebah hitam Provence dikenal sebagai penghasil madu berkualitas. Dibalik sengatannya yang tajam, lebah Provence menghasilkan ekstrak black bee propolis yang diproses melalui lactic acid fermentation selama 72 jam dan kemudian disimpan dalam ruangan bersuhu rendah.

Berdasarkan sejumlah penelitian, ekstrak bee propolis memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan bagi tubuh. Skinfood sendiri memiliki rangkaian perawatan Royal Honey Propolis Enrich yang dapat kamu coba, dengan manfaat seperti memperbaiki skin barrier, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, dan mencerahkan wajah.

3. Buah Aprikot

Dibalik rasanya yang manis, buah aprikot baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit, mengurangi komedo, hingga mampu melawan eksim yang sering menjadi masalah kulit sensitif. Manfaat apricot ini juga bisa kamu rasakan melalui Apricot Food Mask SKINFOOD yang mampu menenangkan kulit sensitif, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, hingga berfungsi sebagai antioksidan.

4. Buah Beri

Buah Blackberry. Unsplash.com/Yulia Khlebnikova

Sejak dahulu, aneka jenis buah beri menjadi makanan yang umum dikonsumsi di kalangan kerajaan, karena dipercaya bisa membantu agar kulit tetap awet muda. Seiring dengan berjalannya waktu, para ahli menyepakati bahwa beberapa jenis buah berry membawa kandungan antioksidan yang kuat bahkan hingga 4 kali lipat dari buah yang lainnya. 

Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dalam buah berry dapat mengoptimalkan perawatan wajah untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Selain itu, beberapa bahan aktif dalam ekstrak buah berry itu juga dapat berfungsi sebagai pengontrol produksi minyak, mengatasi jerawat hingga kulit kusam.

 Dengan manfaat berry yang begitu banyak, Skinfood berhasil mengembangkan beberapa produk untuk memaksimalkan khasiat berry untuk kulit, termasuk pembersih wajah, tabir surya, hingga masker wajah.

5. Buah Wortel

Banyak orang mengenal khasiat wortel bagi kesehatan mata, padahal wortel juga memiliki segudang kebaikan bagi kulit. Kandungan vitamin C pada wortel dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada wortel juga mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Berkaca pada kebutuhan makanan bernutrisi untuk kulit, brand kosmetik asal Korea, Skinfood yang sudah ada sejak tahun 1957 membawa filosofi “treat your skin with food” dengan mengedepankan nutrisi makanan yang baik untuk kulit.

"Bagi kami, makanan adalah sebuah kebutuhan dasar yang berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan kulit seperti vitamin, mineral, dan antioksidan pun mudah ditemukan pada bahan makanan yang alami," ujar Skinfood Indonesia Managing Director, Iswandy Lim.

Selain itu, senyawa beta karoten dan karotenoid pada wortel mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV A. Senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan akibat efek buruk paparan sinar matahari. Kabar baiknya, kebaikan khasiat wortel ini bisa kamu rasakan dalam relief cream dari Skinfood.

Pilihan Editor: Cegah Penuaan Dini dengan 6 Jenis Makanan Ini, dari Wortel Hingga Anggur

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."