Perjalanan Karier Belinda Christina Juara MasterChef Indonesia Season 11

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Belinda Christina, juara Masterchef Indonesia Musim 11 yang memicu pro dan kontra di masyarakat. Foto: Instagram Masterchef Indonesia.

Belinda Christina, juara Masterchef Indonesia Musim 11 yang memicu pro dan kontra di masyarakat. Foto: Instagram Masterchef Indonesia.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhir pekan lalu, Ahad, 26 November 2023, kompetisi memasak MasterChef Indonesia atau MCI musim atau season 11 telah rampung digelar. Di babak final, Belinda Christina keluar sebagai juara. Belinda mengalahkan lawannya, Rizkisyah Putra Singarimbun atau Kiki. Adapun perolehan akhirnya, Belinda meraih 1867 poin, mengungguli Kiki 10 poin yang mendapat total hanya 1857.

Tapi sayangnya, kemenangan Belinda atas Kiki menuai berbagai kontroversi dan reaksi di kalangan warganet Indonesia. Warganet menganggap bahwa Kiki justru lebih unggul dari Belinda dalam berbagai hal. Oleh karena itu, kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia season 11 menjadi pertanyaan dan perbincangan publik.

Nilai performance Kiki di gallery hampir 2x lipat dari Belinda. Jadi kemampuan mereka bisa dibilang cukup jauh. Dan kalaupun tidak melihat nilai performance di gallery, Kiki tetap lebih baik hasil masakannya di Grand Final ini. Tapi kenapa tetap Belinda yang menang? Saya bukan tidak mau menerima kekalahan, tapi saya rasa Kiki memang tidak layak untuk kalah. Sorry to say, menurut saya ini adalah Grand Final terburuk sepanjang sejarah MCI,” tulis salah satu komentar warganet @naf********* yang kecewa dengan ajang kompetisi memasak tersebut.

Terlepas dari kontroversi tersebut, bagi yang ingin mengenal siapa Belinda Christiana. Berikut profil dan perjalanan kariernya.

Profil Belinda Christina

Perempuan bernama lengkap Belinda Christina Sianto ini lahir pada 22 September 2000 di Surabaya, Jawa Timur. Dikutip dari situs p2k.stekom.ac.id, dia adalah anak terakhir dari enam bersaudara. Ayah Belinda adalah Samuel Sianto, sedangkan ibunya bernama Ngirana Prima Wati.

Meski memiliki lima orang kakak, diketahui tiga kakak Belinda telah meninggal sewaktu kecil. Adapun dua kakaknya yang lain bernama Yoel Octafian Sianto dan Yulis Evangelista Sianto.

Wanita kelahiran Surabaya ini menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Malang, Jawa Timur. 

Berdasarkan Instagram pribadinya, Belinda diketahui telah memiliki kekasih bernama Alvin Limy. Keduanya kerap mengunggah kebersamaannya di media sosial sejak 2022 lalu.

Kepercayaan yang diyakini Belinda adalah Kristen. Ayah Belinda adalah seorang pendeta di Gereja Bethany Malang. Hal ini dapat diketahui melalui keterangan pada bio profil Instagram Samuel Sianto.

Perjalanan Karier Belinda Christina

Belinda diketahui jebolan Le Cordon Bleu New Zealand pada 28 Maret 2019. Di sana, dia meraih gelar Diplôme de Cuisine. Setelah itu, dia melanjutkan studinya di King’s Own Institute Australia.

Belinda mencoba peruntungannya dengan mengikuti MasterChef Indonesia season 11. Dia kemudian berhasil lolos ke babak Boot Camp setelah mendapatkan persetujuan dari juri MCI, Chef Juna dan Chef Arnold. Saat itu, Belinda menyajikan Thai Duck Red Curry.

Setelah itu, Belinda pun sukses bertahan di galeri MasterChef Indonesia dan mengalahkan banyak peserta lainnya. Perempuan asal Malang itu juga berhasil melaju ke babak grand final dan bertanding melawan Kiki untuk memperebutkan gelar juara. 

Sebagai seorang jurutama masak, Belinda Christina menguasai masakan khas Asia, Fusion, dan Barat.

Pilihan Editor: Para Juara MasterChef Indonesia yang Sukses di Dunia Nyata

RADEN PUTRI | INSTAGRAM | P2K.STEKOM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."