Kiki Fatmala Meninggal, Begini Perjuangan Dia Melawan Kanker Paru Stadium IV

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kiki Fatmala. Instagram/qq_fatmala

Kiki Fatmala. Instagram/qq_fatmala

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan. Model dan aktris, Kiki Fatmala meninggal dalam usia 56 tahun akibat komplikasi kanker pada Jumat, 1 Desember 2023. Kabar kepergian bintang sinetron Ada-Ada Saja dan Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 itu dibagikan keluarga di akun Instagram resmi sang aktris senior itu.

Dalam unggahan Instagram satu jam lalu itu, tampak dibagikan foto hitam putih Kiki Fatmala dengan pose tersenyum. Di slide selanjutnya, tulisan kabar duka dalam Bahasa Inggris. 

Disampaikan pula keluarga meminta privasi dan akan menyelenggarakan pemakaman secara tertutup, hanya untuk keluarga dan sahabat.

"Di saat-saat sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat," bunyi pernyataan keluarga.

"Kami meminta penghormatan dan pengertian anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim," ungkap keluarga.

Riwayat Kanker Paru

Pada tahun lalu, Kiki Fatmala mengungkapkan bahwa dirinya dinyatakan mengidap kanker paru stadium 4 atau akhir.

"19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV. Saya menyadari bahwa tidak ada yang akan pernah sama dan bahwa Hidup Terbagi menjadi 2 bagian : Sebelum dan Setelah ini," tulis Kiki Fatmala di Instagram pada Rabu, 20 April 2022.

Kiki Fatmala mengunggah video yang berisi kompilasi foto selama dirinya menjalani perawatan di rumah sakit, termasuk kemoterapi.

Dia menyelipkan berbagai kutipan ayat Alkitab maupun kalimat motivasi yang memberikannya kekuatan. Aktris kelahiran 14 Agustus 1967 ini mengaku merasakan mukjizat yang diberikan Tuhan kepadanya.

"Ini adalah sebuah Perjalanan yang telah menunjukkan kepada-Ku bahwa Mukjizat itu nyata dan untuk menghargai setiap momen dalam Perjalanan yang disebut Kehidupan ini. Kami telah Diberkati oleh Semua Dukungan dan Doa. Bagi Tuhan Tidak ada Yang Mustahil. Terima kasih kepada Anda masing-masing dan semua orang yang telah mendukung kami. Anda tahu siapa Anda," tulisnya.

Di akhir ceritanya, Kiki Fatmala mengutip ayat Alkitab. "Saya tidak akan mati: sebaliknya, saya akan hidup untuk menceritakan apa yang telah Tuhan lakukan" - Mazmur 118:17," ungkapnya.

Pada unggahan berikutnya, Kiki Fatmala mengucap syukur atas kesembuhannya setelah lima bulan berjuang melawan kanker paru.

"Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi.....Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku," tulisnya.

Kesembuhannya ini juga terjadi berkat banyaknya dukungan, baik dari tim medis maupun orang-orang di sekitarnya. Menurut Kiki Fatmala hati yang gembira merupakan obat yang membuatnya sembuh.

"Terima Kasih buat Dr's, Suster, Hospital, Suamiku, Keluarga,Teman2, Connect Group CG40, GMS Family, GSJS, yang sudah memberi kekuatan, support dan Doa. Badai Pasti Berlalu. Hati yang Gembira adalah Obat," tulisnya di Instagram pada Kamis, 21 April 2022.

Beristirahat dengan damai, Kiki Fatmala. Doa kami bersamamu.

Pilihan Editor: Gejala Kanker Paru Sering Tak Nampak, Segera Deteksi Dini

INSTAGRAM | TEMPO | MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."