Mengenang Kiki Fatmala, Berikut Lima Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Model dan aktris, Kiki Fatmala meninggal dalam usia 56 tahun akibat komplikasi kanker pada Jumat, 1 Desember 2023. Kabar kepergian bintang sinetron Ada-Ada Saja dan Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 itu dibagikan keluarga di akun Instagram resmi sang aktris senior itu. Instagram/qq_fatmala

Model dan aktris, Kiki Fatmala meninggal dalam usia 56 tahun akibat komplikasi kanker pada Jumat, 1 Desember 2023. Kabar kepergian bintang sinetron Ada-Ada Saja dan Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 itu dibagikan keluarga di akun Instagram resmi sang aktris senior itu. Instagram/qq_fatmala

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepergian aktris senior Kiki Fatmala meninggalkan duka mendalam untuk keluarga, sahabat juga industri hiburan Tanah Air. Kiki Fatmala meninggal akibat komplikasi kanker pada Jumat, 1 Desember 2023. Kabar duka itu dibagikan oleh pihak keluarga lewat akun Instagram resmi aktris yang lahir pada 14 Agustus 1967 itu.

Untuk mengenang kembali Kiki Fatmala, mari kita ingat kembali sejumlah fakta dia semasa hidupnya dihimpun dari berbagai sumber.

1. Profil

Kiki Fatmala lahir di Jakarta, pada 14 Agustus 1967 dari pasangan Sunarjo dan Fatma Farida. Dia adalah perempuan keturunan Sunda-Minahasa dan Pakistan-Iran.

Kiki sempat bercita-cita sebagai pramugari setelah akhirnya dia memutuskan terjun dan aktif di dunia seni peran.

2. Film dan Sinetron

Pada tahun 1988, Kiki sempat berakting pada film dewasa seperti Pengakuan dan Bayar tapi Nyicil. Setelah itu, Kiki fokus bermain di film dan sinetron bergenre horor atau komedi. Kiki mulai debut di layar kaca dengan membintangi sinteron Ada Ada Saja pada tahun 1992.

Nama Kiki Fatmala melambung atas kepiawaiannya berakting sebagai Mariam pada sinetron horor-komedi Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 yang tayang dari tahun 1994 hingga 1999.

Setelah itu, Kiki aktif bermain di beberapa sinetron dan film, seperti Misteri dalam Kubur (1996), Hidayah (2005), Suami Takut Istri (2007), Hantu Jembatan Ancol (2008), Oh Ternyata (2012), dan terakhir kali Kiki bermain di film aksi Comic 8 pada tahun 2014

3. Kehidupan Pernikahan

Sepanjang hidupnya, Kiki telah menikah sebanyak tiga kali. Pernikahan pertamanya bersama Antonius Salomata. Keduanya  menikah pada tahun 1987, dan memutuskan bercerai satu tahun kemudian.

Kiki menikah untuk kedua kalinya dengan Christian Froeschel pada tahun 2003. Pernikahan ini sayangnya hanya bertahan sedikit lebih lama dari sebelumnya karena berujung perceraian pada akhir 2006.

Akhirnya, Kiki melabuhkan hatinya pada pria terakhir yang menemaninya hingga akhir hayat, yaitu Christopher pada tahun 2020 silam.

4. Perjuangan Melawan Kanker Paru Stadium IV

Kiki didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium IV pada tahun 2021. Setelah lima bulan berjuang melawan kanker dan sembuh, dia baru membagikan kondisi tersebut pada April 2022. Selama pengobatan, sang suami yang konsultan properti setia mendampingi bahkan memutuskan rehat dari pekerjaan.

Kabar tersebut mengejutkan semua orang termasuk dirinya. Meski awalnya merasa putus asa, tetapi Kiki tetap aktif berjuang melawan penyakitnya itu. 

5. Aktif Mengajar Aerobik

Melalui akun Instagramnya, @qq_fatmala, Kiki kerap mengunggah keseruannya saat berliburan dan menikmati waktu bersama keluarga dan sahabat, mulai dari liburan ke pantai hingga beberapa restoran juga dikunjungi oleh Kiki.

Sampai Kiki menutup usia pada tanggal 1 Desember ini, Kiki dikenal aktif mengajar kelas aerobik di sanggar aerobik yang telah ia dirikan sendiri dengan nama sanggar Kifa.

Pilihan Editor: 6 Fakta Park Soo Ryun, Debut Tahun 2018 dan Punya Kucing Peliharaan yang Dinamai Kanto

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."