Di Spotlight Indonesia 2023, Farah Button Bawa Pesona Tenun Ikat Corak Pucuk Tanjung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi Farah Button by Sutardi bertajuk Pride dalam gelaran Spotlight 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

Koleksi Farah Button by Sutardi bertajuk Pride dalam gelaran Spotlight 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam gelaran Spotlight Indonesia 2023, jenama mode asal Yogyakarta Farah Button menyuguhkan busana siap pakai yang mengkreasikan tenun dalam desain modern. Menurut Sutardi, sang desainer sekaligus pendiri label berusia delapan tahun itu, koleksi spesial Farah Button Pride ini dinamai Bangsawan Kampung. Dia  terinspirasi dari para perajin di desa dan pembelinya di ibu kota yang bergaya mentereng.

"Tema bangsawan kampung, di mana perajinnya adalah ibu-ibu di kampung, tapi kebanyakan yang pakai bajunya adalah pejabat," jelasnya usai peragaan busana di Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023.

Bicara soal corak tenun, Sutardi mengaku bahwa dia mendesain sendiri corak tenun di koleksi Bangsawan Kampung.

"(Corak) Tenunnya tidak umum. Saya buat kasih nama pucuk tanjung, maknanya yang pakai itu derajatnya semakin naik dan memuncak. Motif itu perpaduan pucuk rebung dengan batik tanjung dari Jogja," jelas pria asli Betawi yang tinggal dan bekerja di Yogyakarta.

Koleksi Farah Button by Sutardi dalam gelaran Spotlight Indonesia 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

Menurut Sutardi, pembuatan tenun ikat itu cukup lama hingga tiga bulan. "Untuk pembuatan tenun ikat 100 meter bisa sampai dua bulan karena benangnya diikat satu per satu. Benar-benar hasil karya tangan perajin," imbuhnya.

Selain itu, pewarnaan tenun menggunakan pewarna alam termasuk kayu.

Untuk desain, Sutardi mengungkapkan koleksinya bergaya modern minimalis yang bisa dipakai acara santai hingga pesta. Selain gaun model A line dan berdetail tali spageti, ada pula pilihan blus tenun coklat berlengan pendek dipadu dengan rok di bawah lutut bercorak lurik.

Koleksi Farah Button by Sutardi dalam gelaran Spotlight Indonesia 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Foto: Dok. IFC

Pilihan lainnya ada luaran atau outer panjang bercorak tenun dipadankan dengan gaun plisket atau rok panjang berdetail plisket warna bata.

Selain itu, ada padu padan blazer dan celana pendek berbahan tenun yang bergaya kekinian. Padanan vest dan celana palazzo serbabiru juga ditampilkan. 

Sutardi mengaku kedelapan busana koleksi Farah Button Pride di Spotlight itu sudah laris dibeli penonton seusai peragaan. So, jika kamu tertarik, memesan lebih terlebih dahulu alias pre-order.

Pilihan Editor: Maima Hadirkan Koleksi Tenun Bulu Sabilulungan asal Tasikmalaya di Panggung Spotlight Indonesia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."