Ketahui Sebab Veneer Gigi Bikin Bau Mulut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi veneer gigi. Foto: Freepik.com/jannoon028

Ilustrasi veneer gigi. Foto: Freepik.com/jannoon028

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah veneer gigi bisa memicu bau mulut? Jawabannya bisa menurut dokter gigi Devya. Menurut dokter berdarah Minang itu, salah satu sebab veneer gigi bikin bau mulut adalah kesehatan mulut tidak terjaga. Penyebab lainnya adalah bahan veneer gigi yang digunakan tidak berkualitas.

"Ada beberapa penyebab veneer bau, termasuk bahan veneer yang tidak berkualitas. Bahan veneer ada yang direct dan in-direct. Ada yang direct pakai bahan tambal. Bahan itu menyerap kotoran apa pun yang masuk ke dalam mulut karena ada pori-porinya sehingga bisa berubah warna dan menimbulkan bau," jelas drg. Devya dalam konferensi pers grand opening Devya Aesthetic Dental & Implant Clinic di Jakarta Selatan, Sabtu, 18 November 2023.

Dia mengibaratkan bahan direct itu seperti saat memakai gigi sementara, tidak bisa dibersihkan secara maksimal walaupun  memakai sikat gigi.

Selain dua sebab yang diutarakan drg. Devya, kesalahan pemasangan veneer seperti ujung veneer terlalu tebal juga bisa memicu bau mulut.

Pemilihan lokasi veneer gigi juga berperan penting untuk mencegah bau mulut. Perlu diingat, tukang gigi tidak terlalu paham struktur jaringan gigi dan gusi serta bagaimana bentuk preparasi yang benar layaknya dokter gigi.

Selain bau mulut, efek samping pemasangan veneer gigi yang tidak tepat bisa memicu gusi berdarah, kelainan sendi, pusing, hingga gigi keropos.

Untuk menyegarkan ingatan bersama, veneer gigi adalah perawatan estetika untuk memperbaiki penampilan gigi depan dengan menempelkan cangkang tipis. Tujuannya mengubah warna, ukuran atau tekstur gigi. Pilihan bahan veneer gigi beragam bisa komposit hingga porselen.

Pilihan Editor: Manfaat Veneer Gigi Tak Hanya untuk Memutihkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."