5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Biji Adas hingga Teh Hijau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bau mulut. shutterstock.com

Ilustrasi bau mulut. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bau mulut bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri saat berbicara dengan orang lain. Lebih buruk lagi adalah ketika Anda tidak menyadarinya dan orang lain memberi tahu Anda tentang hal itu. Namun tak perlu risau, ada sederet bahan alami untuk atasi bau mulut di sekitar Anda yang patut dicoba khasiatnya. 

1. Minum Air

Mulut kering dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah dehidrasi. Salah satu cara terpenting untuk mencegah bau mulut adalah dengan minum air putih setiap hari. Akan lebih mudah untuk membasuh kuman yang menghasilkan bau tidak sedap jika mulut Anda lebih lembap. Air liur juga membantu menjaga kebersihan mulut dan menghambat pertumbuhan kuman jahat. 

2. Mengunyah Cengkih

Cengkih membantu menyegarkan napas dan melawan kuman penyebab gigi berlubang. Anda benar-benar dapat menyegarkan napas secara instan hanya dengan mengisap atau mengunyah beberapa cengkih beberapa kali sehari. Ini secara bertahap memudarkan bau mulut secara permanen dengan mencegah pertumbuhan kuman yang menyebabkannya.

3. Minum Teh Hijau

Menurut penelitian, antioksidan teh hijau melawan berbagai penyebab bau mulut. Kandungan polifenolnya dapat mengurangi kuman dan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut.

Sebelum tidur, buat dua cangkir teh hijau dan biarkan meresap di lemari es sepanjang malam. Keesokan harinya bisa dibawa ke tempat kerja. Minumlah secara bertahap sepanjang hari untuk mencegah bau mulut.

4. Makan Biji Adas

Biji adas memberikan minyak esensial harum dengan kualitas antimikroba yang dapat membantu Anda bernapas lebih baik. Biji adas yang gurih meningkatkan produksi air liur, yang membantu menghancurkan mikroorganisme berbahaya. Penambahan bahan ini ke dalam teh juga dapat digunakan untuk membuat minuman pembersih langit-langit mulut.

5. Konsumsi Yoghurt

Yogurt mengandung Lactobacillus, bakteri yang bermanfaat. Usus hanya satu wilayah di mana bakteri menguntungkan ini dapat membantu tubuh Anda melawan mikroba patogen. Pastikan yoghurt Anda rendah gula, seperti yoghurt tawar atau tanpa lemak, karena ini dapat membantu mengurangi bau mulut.

Sebab gula secara alami dapat memberi makan bakteri, yang merupakan penyumbang besar bau mulut. Jadi, hindari yogurt manis daripada gunakan probiotik.

Perlu diketahui penyebab bau mulut bukanlah rahasia. Di antara yang paling umum adalah lidah berlapis, kerusakan gigi, penyakit gusi, dan kebersihan mulut yang buruk. Semua makanan bisa tersangkut di gigi Anda. Kebiasaan merokok juga berdampak pada bau mulut.

Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Namun, Anda harus menemui dokter jika bau mulut tak membaik setelah mencoba bahan-bahan alami di atas.

PINK VILLA

Baca juga: Selain Sikat Gigi, 5 Cara Berikut Bisa Atasi Bau Mulut usai Makan Petai

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."