3 Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Parasetamol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi paracetamol. Shutterstock

Ilustrasi paracetamol. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengonsumsi terlalu sering parasetamol atau paracetamol dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius. Meskipun merupakan pereda nyeri dan demam yang banyak digunakan, minum parasetamol melebihi dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berbahaya. Berikut tiga di antaranya yang dipaparkan oleh Dr.Shrey Srivastav, Asisten Profesor dan Ahli Penyakit Dalam di Rumah Sakit Sharda, India, dikutip dari Times of India,  Senin, 6 November 2023.

1. Memengaruhi Fungsi Hati

Yang pertama dan penting, overdosis parasetamol dapat membebani kemampuan hati untuk memproses obat, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Mengingat parasetamol terutama dimetabolisme di hati, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan produk samping beracun yang merusak sel-sel hati. Gejala kerusakan hati mungkin tidak langsung muncul, sehingga deteksi dini menjadi sulit.

2. Keracunan

Terlalu sering mengonsumsi parasetamol dapat menyebabkan 'Keracunan Parasetamol' dengan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Gejala-gejala ini dapat disalahartikan sebagai penyakit lain, sehingga menunda pengenalan overdosis.

3. Mengancam Jiwa

Overdosis parasetamol dapat menyebabkan gagal hati akut, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati permanen yang memerlukan transplantasi hati. yang merupakan kondisi yang mengancam jiwa.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning, kebingungan, dan bahkan koma. Jika tidak ditangani, hal ini bisa berakibat fatal. Terkadang hal ini juga dapat menyebabkan cedera ginjal.

Untuk mencegah efek berbahaya di atas, sangat penting untuk mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan pada label obat dan segera mencari pertolongan medis jika diduga terjadi overdosis parasetamol. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi kerusakan dan meningkatkan peluang pemulihan penuh.

Pilihan Editor: Alasan Jangan Berikan Paracetamol pada Anak Usai Vaksin Covid-19

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."