6 Filosofi Hidup Orang Jepang yang Perlu Diketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi meditasi atau mencari keheningan. shutterstock.com

Ilustrasi meditasi atau mencari keheningan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap negara punya filosofi hidup yang diterapkan turun-temurun dari generasi ke generasi. Bicara soal Jepang, Negeri Matahari Terbit itu kaya budaya dan filosofi hidup yang unik. Filosofi tersebut menawarkan wawasan berharga tentang kesejahteraan, perhatian, dan pertumbuhan pribadi. Berikut ini enam di antaranya filosofi hidup orang Jepang

1. Ikigai

Ini adalah konsep tentang menemukan alasan untuk bangun di pagi hari. Ikigai fokus pada yang Anda sukai, apa yang Anda kuasai, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang dapat Anda bayar.

Dengan menemukan ikigai, Anda dapat merasakan tujuan dan kepuasan yang mendalam dalam hidup Anda.

2. Wabi-Sabi

Wabi-sabi merayakan keindahan ketidaksempurnaan, ketidakkekalan, dan berlalunya waktu. Ini mengajarkan kita untuk melihat keindahan dalam aspek kehidupan yang cacat dan menua.

3. Kaizen

Kaizen adalah filosofi perbaikan berkelanjutan dengan membuat perubahan kecil dan bertahap untuk mencapai perbaikan besar dalam jangka panjang.

4. Shinrin-Yoku

Shinrin-yoku, atau "mandi di hutan," mendorong individu untuk merasakan manfaat penyembuhan alam dengan menghabiskan waktu di lingkungan alami seperti hutan atau taman.

5. Kintsugi

Kintsugi adalah seni memperbaiki pecahan tembikar dengan pernis yang dicampur dengan logam berharga. Ini mengajarkan kita bahwa ketidaksempurnaan dan bekas luka bisa menjadi sumber kekuatan dan keindahan.

6. Omotenashi

Omotenashi adalah semangat keramahtamahan dan perhatian terhadap kebutuhan orang lain. Ini mengajarkan kita untuk memberikan pelayanan yang luar biasa dan mengutamakan orang lain.

Menerapkan konsep-konsep tersebut dapat membantu Anda menavigasi kompleksitas kehidupan modern dengan lebih anggun dan penuh tujuan. Setiap konsep memiliki potensi untuk mengubah dan meningkatkan kualitas hidup Anda, juga memungkinkan Anda untuk merasakan kedamaian, kepuasan, dan pertumbuhan pribadi yang lebih besar.

Pilihan Editor: 7 Tips Menerapkan Frugal Living untuk Karyawan Swasta Millennial dan Gen Z, Hindari FOMO

IVANA FELYSITASWATI PALLA | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."