Memahami Filosofi Ikigai, Salah Satu Cara Bahagia Menjalani Hidup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Banyak tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan karena efek pandemi, begitu pula dalam kehidupan sehari-hari yang dialami dengan berbagai peran. Seperti tantangan seorang ibu dalam menjalankan perannya dalam mengasuh dan mendidik anak; tantangan pelajar dalam mengejar hasil akademik terbaik; ataupun tantangan karyawan dalam usaha menapaki jenjang karir.

Jika merujuk di Jepang dikenal dengan filosofi Ikigai, sebuah konsep yang berarti a reason for being atau alasan untuk keberadaan kita. Memahami konsep Ikigai bisa membantu kita untuk mencari dan menentukan alasan menjalani hidup.

Secara harfiah, kata Ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai alasan kita hidup, menjalani hidup mulai bangun pagi. Ikigai bisa menjadi salah satu jawaban agar hidup Anda menjadi bahagia dan bermakna dengan memahami konsepnya.

Ikigai juga membuat seseorang memiliki etos kerja yang baik. Karena mereka meyakini bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memiliki dampak yang baik untuk orang lain. Selain itu juga berpengaruh pada kesehatan kita, baik fisik dan mental. Orang yang menjalani prinsip hidup Ikigai punya risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah.

Psikolog anak, remaja dan keluarga, Jovita Ferliana mengatakan kita perlu menyadari bahwa menjalani hidup terbaik itu adalah hal yang sangat pribadi dan subjektif, serta berfokus pada diri dan orang terdekat kita, di mana kita menjalani kehidupan yang membuat kita bahagia, menggali potensi dalam diri, sesuai dengan keinginan hati, dan dapat melakukan hal terbaik untuk orang-orang terkasih.

"Jangan lupa juga untuk mengisi body, mind and soul – Body dengan nutrisi baik; mind dengan keterampilan, pikiran positif dan edukasi; dan soul dengan rasa syukur, relaksasi, dan mindfulness,” kata Jovita melalui siaran pers, 3 November 2021.

Sementara itu, melihat dan memahami perubahan dan tantangan yang dialami masyarakat, Greenfields ingin berbagi pesan positif yang bisa menyemangati setiap kita untuk tetap menjalani hidup penuh semangat dan harapan akan hari esok yang lebih baik. ‘Jalani Hidup Terbaikmu Bersama Kesegaran Alami Greenfields’ adalah pesan positif dari kami yang mencakup aspek raga, pikiran dan jiwa.”

Head of Marketing, PT Greenfields Dairy Indonesia Endang Wijayaningsih mengatakan pihaknya merasa salut dan bersemangat melihat bagaimana masyarakat mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang berubah selama masa pandemi ini, dan ingin agar semangat ini tetap dapat berkobar dalam diri kita, bukan hanya hari ini, tetapi juga sampai ke masa depan.

Kami ingin menyemangati masyarakat Indonesia untuk dapat selalu bersemangat dan positif dalam menjalani hidup ini bahkan saat menghadapi masalah dan tantangan, bukan hanya yang dihadapi karena masa pandemi ini, namun juga yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Endang.

Baca: Ikigai, Cara Mencapai Tujuan dan Kebahagiaan Hidup Ala Jepang

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."