10 Buah Anti-Inflamasi untuk Melawan Peradangan, Buah Naga hingga Semangka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah naga (Pixabay.com)

Buah naga (Pixabay.com)

IKLAN

5. Buah Anggur Merah dan Hitam

Ilustrasi buah angggur. Foto: Pixabay.com/Nickype11

“Buah anggur merah dan hitam terkenal dengan antioksidan yang disebut resveratrol, yang ditemukan di kulitnya,” kata Chow.

“Kulitnya juga mengandung banyak serat, jadi saya sangat menyarankan untuk mengonsumsi anggur dengan kulitnya,” jelasnya.

Anggur berwarna lebih gelap ini juga kaya akan antioksidan lain seperti vitamin C, vitamin B2, antosianin, quercetin, dan flavonoid.

6. Buah Sitrus

Ilustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma Adristy

Semua buah sitrus, termasuk jeruk, jeruk bali lemon, dan limau, kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C (setengah cangkir grapefruit menyediakan sekitar 40 persen dari kebutuhan Vitamin C Harian).

“Satu peringatan mengenai jeruk bali adalah beberapa obat berpotensi bereaksi dengannya, jadi saya sarankan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memakannya,” kata Chow.

7. Biji Buah Delima

Ilustrasi jus buah delima (Pixabay.com)

Saat Anda mengunyah biji delima yang berair, renyah, dan berwarna merah delima, Chow mengatakan Anda mendapatkan manfaat serat dan antioksidan seperti vitamin C, antosianin, tanin, dan asam fenolik. Nutrisi ini sangat baik untuk Anda dan merupakan tambahan lezat untuk hidangan manis dan gurih.

8. Markisa

Ilustrasi Markisa. Shutterstock

Buah markisa sangat tinggi vitamin C (setengah cangkir memberi Anda sekitar 40 persen dari kebutuhan vitamin C Harian), vitamin A dan senyawa antioksidan lain yang disebut polifenol. Bijinya juga sangat tinggi serat.

Bukan cuma itu saja, mengonsumsi setengah cangkir buah markisa memberi Anda hampir 50 persen dari rekomendasi 25 gram serat sehari untuk wanita (38 gram untuk pria).

9. Nanas

Nanas Madu Pemalang. Carousell

Menurut Zappulla, nanas mengandung senyawa bernama bromelain yang memiliki sifat mengurangi peradangan. Nanas juga merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik seperti vitamin C (setengah cangkir memberi Anda sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian), dan vitamin A.

10. Semangka

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

“Semangka dikenal dengan warna merah cerahnya, yang berasal dari antioksidan kuat lainnya yang disebut likopen,” kata Zappulla. Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Pilihan Editor: 15 Makanan Anti-Inflamasi untuk Melawan Peradangan dalam Tubuh

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."