Tips Membangun Bisnis Melalui Marketing Media Sosial, Mulai dari Belajar Storytelling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Makin berkembangnya platform media sosial terbukti sangat mendukung kewirausahaan perempuan Indonesia dalam membangun serta menjalankan bisnisnya. Saat ini semakin tumbuh kesadaran pelaku usaha dari kalangan perempuan untuk memanfaatkan media sosial secara optimal agar usahanya terus tumbuh dan berkembang.

Hal tersebut diungkapkan RA Loretta Kartikasari, Founder Srikandipintar saat menjadi pembicara pada seminar dengan  tema "Become An Exceptional Entrepreneur" pada acara pameran Jakarta International Premium Products Fair (JIPremium 2023) di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis, 14 September 2023. 

Pada kesempatan tersebut, RA Loretta Kartikasari, menjelaskan bahwa pihaknya sebagai konsultan marketing komunikasi, di antaranya menyelenggarakan pelatihan untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur. 

"Penting bagi pengusaha mikro hingga pengusaha besar agar berkonsentrasi memanfaatkan digital marketing melalui media sosial untuk meningkatkan pelanggan atau konsumen dan bagaimana memberi semangat kepada pelaku usaha ini. Bagaimana peserta pelatihan menciptakan produk baru dan ide-ide baru untuk kelak menjadi entrepreneur," papar founder Marcommads yang akrab disapa Dya Loretta ini.

Dya Loretta menegaskan bahwa para pengusaha harus fokus dengan digital marketing dan sosial media  marketing.  "Sebelum jadi pengusaha, orang-orang sudah memanfaatkan sosmed. Ada akun ibu-ibu yang isinya curcol tapi jadi viral. Tapi, itu tidak membangun entrepreneurship. Tak ada cuan yang didapat, meski engagement-nya bagus," papar Dya Loretta yang juga sebagai dosen di Universitas Mercubuana. 

Menurut Dya Loretta, tantangannya adalah bagaimana supaya akun sosmed mereka itu dapat menghasilkan uang atau bisnis online. "Meski hanya di rumah, tapi secara ekonomi bertambah. Sehingga, yang diperlukan adalah pengetahuan mengenai marketing media sosial. Misalnya, bagaimana supaya storytelling yang dibagikan itu intimate atau memiliki kedekatan, lalu ditambahkan dengan unsur produk, layanan, merek atau usaha yang sedang kita bangun," jelasnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."