Tips Membangun Bisnis Melalui Marketing Media Sosial, Mulai dari Belajar Storytelling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

IKLAN

Sementara itu, pembicara lainnya, Bambang Triharto, COO AladinMall.id MNC E-commerce menjelaskan, mengenai tantangan e-commerce business di Indonesia. "Terhitung Januari 2023, total populasi Indonesia mencapai 276 juta penduduk. Pengguna internet sejumlah 212 juta orang. Dan, 167 juta orang di anaranya pengguna aktif media sosial. Sekitar 60 persen dari penduduk Indonesia sudah bersosial media," paparnya. 

Menurut Bambang, Ketika pandemi Covid-19 banyak orang menawarkan produk melalui platform WhatsApp. Melalui aplikasi ini juga, orang bisa mencari produk, memilih produk, melalukan transaksi, pembayaran, memilih jenis pengiriman. Semua difasilitas oleh WA. "Untuk memasarkan produk banyak platform e-commerce yang dapat digunakan. Kesempatan sekarang ini sangat terbuka lebar. Tak terlalu sulit untuk memulai proses penjualan online," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pembicara ketiga, Andi Makkulau. Executive Director PT. KISS Japan Indonesia, memaparkan mengenai aktivitasnya dalam menjembatani bisnis-bisnis potensial dengan berbagai klien di Jepang. "Bagaimana kami membuat suatu budaya komunikasi korporat, sebagi jembatan antara Indonesia dan Jepang. Sebagai konsultan, kami support membantu kebutuhan orang Indonesia dan Jepang, misalnya mengenai informasi pendidikan, bisnis dan sebagainya. Bersinergi membangun budaya corporate communication," jelasnya. 

Pameran Produk Premium Indonesia dan Korea Selatan

Sebagai informasi, JIPremium 2023 ini menampilkan berbagai produk premium Indonesia dan Korea Selatan dan digelar mulai tanggal 14 hingga 17 September 2023. Selain menyajikan beragam produk premium dari Indonesia dan Korea Selatan, pameran ini juga menggelar berbagai acara seminar yang menghadirkan para pembicara dari berbagai latar belakang, serta mengupas berbagai topik menarik seperti tentang bisnis, ekspor, media digital dan lain sebagainya. 

Pameran tersebut diselenggarakan oleh COEX, pusat konvensi dan pameran terbesar di Seoul, Korea, bersama dengan KITA (Korea International Trade Association) swerta PT Aremgo Grafindo. Pameran yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini menghadirkan berbagai kategori produk, di antaranya Mom & Kids, Beauty & Fashion, Food & Beverage, serta Home & Arts, dan lainnya.  

Pengunjung dapat menjelajahi berbagai produk premium seperti makanan bayi, perawatan kulit, kosmetik, perabotan, kerajinan tangan, dan lainnya. Pameran ini ditujukan untuk menarik beragam audiens, termasuk ritel format besar, distributor, platform e-commerce, pembeli institusional, serta perempuan dan anak-anak. JIPremium 2023 memberikan peluang yang besar bagi para exhibitor Indonesia untuk memasuki pasar internasional. 

Pada tahun sebelumnya, pameran ini dihadiri oleh partisipan yang terus meningkat dari exhibitor dan pengunjung.  Pada tahun 2018, 2019, dan 2022, exhibitor dari berbagai negara banyak hadir dan memamerkan beragam produk premium, serta memfasilitasi berbagai peluang bisnis.

Salah satu sorotan menarik dari JIPremium 2023 adalah peringatan 50 tahun hubungan bilateral diplomatik antara Korea dan Indonesia. Tonggak sejarah ini menandakan kolaborasi yang semakin dalam antara kedua negara dan komitmen mereka untuk memperkuat hubungan ekonomi.

Pilihan Editor: Ada Threads, Ini Tantangan Baru Para Pelaku Marketing Sosial Media

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."