5 Tips Hidup Sehat untuk Remaja yang Sering Pegal dan Nyeri Pinggang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Sakit punggung atau nyeri punggung. Freepik.com

Sakit punggung atau nyeri punggung. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - ‘Remaja jompo’ sering terdengar belakangan ini. Istilah tersebut merujuk pada kalangan muda yang cenderung cepat lelah, nyeri pinggang dan pegal usai beraktivitas. Jika dibiarkan, gejala ‘remaja jompo’ bisa merujuk ke arah penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes, asam urat, kolesterol dan masih banyak lagi.

Data Kementerian Kesehatan mencatat PTM disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Riset tersebut melihat 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah, 33,5 persen masyarakat kurang beraktivitas fisik dan 29,3 persen masyarakat usia produktif merokok setiap hari.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega mengungkapkan menjaga kesehatan sangat penting dilakukan oleh masyarakat dari segala usia termasuk remaja. "Untuk mendapatkan produk kesehatan dan perawatan diri, masyarakat bisa mengunjungi Tokopedia Zona Sehat. Ada flash sale dua kali sehari hingga 90 persen jadi belanja bisa lebih hemat,” katanya.

Tokopedia membagikan lima tips hidup sehat yang dapat dilakukan kalangan muda demi menjaga kesehatan serta kebugaran dalam beraktivitas setiap saat.

1. Pakai essential oil agar tidur berkualitas

“Hindari bergadang dan buat jadwal tidur yang teratur. Hal ini penting untuk menunjang kesehatan fisik maupun mental. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu memulihkan energi dan mengurangi risiko kelelahan yang umum terjadi pada ‘remaja jompo’,” kata Antonia.

“Untuk meningkatkan kualitas tidur, pakai produk aromaterapi seperti essential oil dengan aroma lavender atau chamomile. Penjualan essential oil di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester sebelumnya meningkat hampir 1,5 kali lipat,” tambah Antonia.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aromaterapi dari pelaku usaha lokal di Tokopedia yaitu Peek Me Naturals. Sesuai nama brand-nya, produk Peek Me Naturals dibuat dengan bahan natural, yang bebas alkohol, bebas paraben dan bebas senyawa kimia. Peek Me Naturals juga mengeluarkan produk untuk membantu mengatasi insomnia, seperti Peek Me Rock-A-Bye Oil.

“Untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan, hampir 85 persen produk Peek Me Naturals bersifat ramah untuk vegan. Kami juga mengurangi penggunaan plastik pada packaging saat pengiriman dengan mengganti bubble wrap dengan kertas serut,” jelas Founder Peek Me Naturals, Arlin Chondro. Selama kuartal II 2023, penjualan Peek Me Naturals di Tokopedia naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal II 2022. 

2. Hangatkan badan dengan minyak telon

Penggunaan minyak telon sangat erat dengan fenomena ‘remaja jompo’. Minyak telon cocok digunakan untuk menghangatkan tubuh yang tegang, seperti leher dan pergelangan tangan. Menghirup minyak telon juga bermanfaat untuk meredakan stres dan menenangkan pikiran.

Doodle Official Shop, salah satu contoh pelaku usaha lokal di Tokopedia, memproduksi minyak telon dalam bentuk roll-on sehingga lebih mudah digunakan. Selama satu bulan ke belakang, penjualan Doodle di Tokopedia, termasuk produk minyak telonnya, meningkat hampir 1,5 kali lipat dibandingkan transaksi rata-rata sepanjang kuartal II 2023.

“Doodle adalah minyak telon yang memiliki formulasi terbaru dan berbeda dari minyak telon lain. Produk kami terdiri dari bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa (Oleum cocos), minyak kayu putih (Oleum cajuputi), minyak adas (Oleum anisi) dan minyak green tea untuk membantu meredakan gejala masuk angin, seperti perut kembung,” ujar Pemilik Usaha Doodle, Taufiqurrahman Hidayat.

3. Gunakan lumbar back support untuk perbaiki postur tubuh

Salah satu keluhan yang kerap diungkapkan oleh ‘remaja jompo’ adalah sakit punggung. Untuk mengatasi sakit punggung, Kemenkes RI menyarankan untuk menjaga postur tubuh tetap tegak saat duduk atau berdiri guna mengurangi tekanan berlebih pada otot dan tulang belakang.

Untuk membantu memperbaiki postur tubuh saat duduk, masyarakat disarankan menggunakan pendukung pinggang (lumbar back support). Perlengkapan ini dapat mengurangi risiko masalah tulang belakang dan punggung yang umumnya terjadi pada generasi muda. “Penjualan lumbar back support melonjak hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022,” tambah Antonia.

4. Rajin berolahraga 

Bagi kelompok usia muda, World Health Organization (WHO) merekomendasikan berolahraga minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga rendah. Ahli Gizi, Putri MJ, pun mengingatkan agar tidak berolahraga secara berlebihan. “Kemampuan durasi berolahraga bisa dibangun pelan-pelan, mulai dari 10-15 menit. Jangan langsung memaksa berolahraga berat. Beri juga jeda hari tanpa berolahraga untuk beristirahat,” ucap Putri.

“Masyarakat makin sadar akan pentingnya berolahraga. Hal ini terbukti dari penjualan perlengkapan olahraga di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2 kali lipat selama satu bulan ke belakang dibandingkan transaksi rata-rata sepanjang kuartal II 2023,” ujar Antonia.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk olahraga melalui kampanye Tokopedia Sportacular Shopathon. Menyambut momen kejuaraan basket dunia yang diselenggarakan di Indonesia, Tokopedia bersama pelaku usaha menghadirkan official merchandise yang bisa ditemukan melalui halaman kampanye tersebut dengan diskon hingga 70 persen.

5. Perhatikan kebutuhan gizi

Di tengah aktivitas fisik yang padat, terutama di musim kemarau, kebutuhan gizi sangat perlu diperhatikan. “Prioritaskan konsumsi makanan kaya protein. Secara umum, kebutuhan harian protein seseorang adalah 0,8-1,2 gram dikali berat badan. Misal, jika berat badan seseorang adalah 50 kg, maka protein yang dibutuhkan yakni sekitar 40-60 gram per harinya,” kata Putri.

“Untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan zat gizi makro dan mikro. Zat makro mencakup protein, lemak dan karbohidrat. Sedangkan zat mikro mencakup vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin D, magnesium dan zinc. Perbanyak juga konsumsi sayur, buah dan biji-bijian dengan kandungan serat yang tinggi untuk mengatasi keluhan sembelit, meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah” saran Putri bersama Tokopedia. 

Sayur dan buah mengandung banyak air dan elektrolit sehingga esensial bagi ‘remaja jompo’ untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi terutama sepanjang musim kemarau. “Selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023 lalu, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023, penjualan produk sayur dan buah lewat Tokopedia meningkat hampir 2 kali lipat,” kata Antonia.

Pilihan Editor: Hari Tidur Sedunia, Agar Tidur Kamu Lebih Berkualitas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."