Mamypoko Royal Soft Raih Rekor MURI sebagai Popok Bayi Pertama Berbahan Kapas Organik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
MamyPoko Royal Soft meraih Rekor MURI sebagai popok bayi pertama yang mengandung kapas organik. Foto: MamyPoko

MamyPoko Royal Soft meraih Rekor MURI sebagai popok bayi pertama yang mengandung kapas organik. Foto: MamyPoko

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mamypoko Royal Soft sebagai salah satu produk popok bayi di bawah naungan PT Uni-Charm Indonesia Tbk meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai popok bayi pertama yang mengandung kapas organik. Penyerahan piagam rekor MURI untuk Mamypoko Royal Soft dilakukan oleh Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo kepada Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk Takumi Terakawa di Central Park Mall, Jakarta Barat, pada Jumat sore, 25 Agustus 2023.

"Kami dari MURI merasa sangat bangga dipercaya sebagai saksi kegiatan yang bersejarah, sebagai pelopor popok bayi berbahan dasar kapas organik semoga Mamypoko terus menghadirkan inovasi produk yang akan membantu bayi dan anak-anak Indonesia tumbuh dan berkembang dengan sehat serta baik," jelas Osmar.

Rekor ini menjadi momentum bersejarah sekaligus prestasi baru MamyPoko Royal Soft setelah satu tahun meluncurkan popok bayi kapas organik atau organic cotton pertama kali di Indonesia dan menjadi pelopor popok bayi organik. Pemilihan kandungan kapas organik di MamyPoko Royal Soft berkaca dari tren penggunaan produk organik di Indonesia.

Studi Nielsen 2022 menemukan bahwa sebanyak 48 persen Ibu menggunakan produk organik, mulai dari makanan Ibu maupun bayi, produk perawatan kulit atau skincare, dan pakaian. Produk organik diminati karena dianggap baik untuk kesehatan (50 persen), aman untuk kulit (24 persen), serta tidak mengandung bahan kimia (16 persen).

Faktanya lagi, kulit bayi 30 persen lebih tipis dan sensitif dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, kebutuhan akan popok tidak hanya lembut, namun aman yang terbuat dari bahan organik meningkat.

“Kebutuhan konsumen datang dari fakta bahwa produk yang terbuat dari bahan organik dianggap sehat, aman untuk kulit dan bebas bahan kimia. Bagi orang tua, kesehatan kulit bayi tentunya menjadi perhatian utama, sehingga produk yang aman untuk kulit bayi menjadi poin penting yang dicari oleh konsumen," jelas Takumi Terakawa.

"Maka dari itu, sejak Juli 2022 kami meluncurkan inovasi MamyPoko Royal Soft yang mengandung organic cotton bebas kimia, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan popok yang tidak hanya lembut, tapi juga aman bagi kulit bayi," tegasnya.

Lantas, di bagian mana dari popok MamyPoko Royal Soft yang mengandung popok organik? Jawabannya di bagian atas.

"Lapisan penyerapnya yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi mengandung organic cotton bebas kimia, sehingga dua kali lebih baik dalam mencegah iritasi dibandingkan produk kami yang lainnya," jelas Yukihiro Ito, Head Department Research &Deveploment Uni-Charm Indonesia.

"Top sheet dengan kandungan kapas organik 100 persen ini dikembangkan dengan menekankan pada komposisi dan cara pembuatan serat-seratnya. Sebagai hasilnya, produk ini lebih halus dan lembut dibandingkan produk terdahulu yang tidak mengandung kapas organik," tambahnya.

MamyPoko Royal Soft meraih Rekor MURI sebagai popok bayi pertama dengan kapas organik pada Jumat, 25 Agustus 2023. Foto: MamyPoko

Mengapa Disebut Kapas Organik?

Lebih lanjut Ito menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk kapas disebut organik atau cotton organic dan perbedaannya dengan kapas biasa non-organik.

"Untuk mendapatkan nama organik, kapas harus ditanam di lahan pertanian yang tidak menggunakan pupuk kimia selama tiga tahun. Karena ditumbuhkan di dalam lingkungan yang lebih alami, pupuk buatan tidak digunakan dalam perawatannya," jelas Ito.

Pendekatan ini berbeda dengan produksi kapas non-organik yang mengandalkan bahan kimia sintetik seperti pupuk nitrogen dan pestisida buatan.

Kapas organik yang dipilih Unicharm adalah bahan yang tersertifikasi OCS 100 oleh Control Union Certification B.V. Artinya bahan tersebut telah memenuhi standar proses dan produk. Selain itu, telah dilakukan uji dermatologi.

Tasya Kamila sebagai Campaign Ambassador MamyPoko Royal Soft

Pada kesempatan yang sama, MamyPoko Royal Soft menghadirkan Tasya Kamila yang ditunjuk sebagai Campaign Ambassador bersama anak keduanya, Shafanina Wardhana Bachtiar. 

"Aku merasakan sendiri sedari Shafa newborn sudah pakai MamyPoko Royal Soft yang organic cotton, memang cocok untuk bayiku, aku merasa aman karena organic cotton bebas kimia dan Shafa juga nyaman karena terhindar dari iritasi. Aku senang bisa turut menyuarakan dan merekomendasikan keunggulan MamyPoko Royal Soft Organic Cotton," ucap Tasya.

Pilihan Editor: Popok Bayi Berkualitas Bikin Kulit Anak Aman, Juga Bisa Menjaga Mental Orang Tua

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."