Tantangan Tasya Kamila Menyusui Kedua Anaknya, Butuh Dukungan Banyak Pihak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar bersama dua anaknya merayakan Lebaran 2023 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Foto: Instagram/@tasyakamila

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar bersama dua anaknya merayakan Lebaran 2023 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Foto: Instagram/@tasyakamila

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMenyusui sebenarnya dapat membantu seorang ibu dalam melawan stres, sebab menghasilkan hormon oksitosin yang sering disebut sebagai hormon cinta karena berkaitan dengan perasaan kasih sayang dan keterikatan antar manusia. 

Hal itu dikatakan oleh Dokter Spesialis Anak dan Konselor Rumah Sakit Primaya Ayi Dilla Septarini, menurutnya aliran air susu ibu (ASI) saat menyusui, hormon oksitosin dapat membantu memberikan efek menenangkan bagi para ibu, semakin sering menyusui, semakin banyak oksitosin yang diproduksi. 

"Namun berbeda, jika stres yang dialami seorang ibu disebabkan oleh kendala menyusui, seperti ASI tidak lancar, si kecil menolak menyusui, ini  juga bisa merangsang hadirnya hormon oksitosin melalui skin-to-skin atau kontak kulit bersama si kecil agar proses menyusui lancar," ucap Ayi melalui siaran pers yang diterima Cantika, Senin, 7 Agustus 2023. 

Ayi mengatakan menyusui memang bisa menjadi pekerjaan yang berat dan ibu mungkin merasa kelelahan sehingga tidak sempat untuk merawat diri sendiri, karenanya meski merawat si kecil adalah prioritas nomor satu, ibu tetap perlu merawat dan menjaga ketenangan diri sendiri. Luangkanlah waktu setiap harinya untuk melakukan hal-hal yang ibu sukai, entah dengan membaca buku, berolahraga ataupun hanya beristirahat. 

Namun, pastikan si kecil dititipkan kepada orang yang bisa ibu andalkan selain pasangan. Jangan merasa bersalah atau terlalu keras pada diri sendiri jika ibu tidak dapat menyusui si kecil secara langsung karena harus kembali kerja ataupun karena kondisi lainnya, si kecil akan bisa mendapatkan asupan ASI yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya melalui media gelas atau media menyusui lainnya. 

"Perlu diingat, setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada tenaga profesional, jika membutuhkan bantuan lebih mendalam terkait merawat dan membesarkan si kecil”. 

Public Figure dan Super Mom Tasya Kamila mengatakan memiliki dua orang anak dengan dua kali pengalaman menyusui yang berbeda, rupanya tidak melulu membuat ia merasa mudah untuk melakukannya. Meskipun pernah menyusui sebelumnya, mantan penyanyi cilik ini juga menemukan tantangan tersendiri saat menyusui anak keduanya. 

"Jadi aku butuh dukungan lebih setiap masa menyusui eksklusif, khususnya dari pasangan dan keluarga terdekat, tanpa support mereka mungkin aku belum tentu bisa menghadapi drama menyusui," ucapnya. 

Selain itu, pentingnya juga menjaga dan merawat diri sendiri, karena dengan ini dapat memperkuat diri untuk mengASIhi anak dan membangun ikatan batin yang baik bersama anak. Jangan lupa juga untuk siapkan kebutuhan anak lainnya, demi mempermudah urusan ibu dan anak setiap harinya. "Selamat pekan ASI sedunia, semoga para ibu semakin dimudahkan dan sukses menyusui anak-anaknya”. 

18 tahun Mothercare jadi Teman Setia Orang Tua

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."