Cara Membersihkan Bantal yang Tepat, Lakukan Setiap 3 Bulan dan Ketahui Jenis Bahannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bantal. elizabethjayne.co.uk

Ilustrasi bantal. elizabethjayne.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda mungkin rutin mengganti sarung bantal Anda, tetapi seberapa sering Anda membersihkan bantal? Alasan utama wajib membersihkan bantal secara berkala adalah Anda menghabiskan banyak waktu berbaring di bantal untuk tidur, dan saat Anda tidur, Anda berkeringat, memproduksi minyak, dan melepaskan sel kulit (sel kulit yang terkelupas adalah komponen utama debu rumah tangga).

Menurut Deirdre Hooper, dokter kulit bersertifikat di Audubon Dermatology di New Orleans, Amerika, tungau debu penyebab alergi, hama mikroskopis yang memakan sel kulit mati ini, dapat menumpuk di tempat tidur Anda terutama bantal Anda.

Tungau debu menyukai lingkungan yang lembap dan lembap, jadi memasukkan kelembapan ke dalam campuran—melalui keringat, air liur, atau bahkan tidur dengan rambut basah—dapat menciptakan lingkungan tempat tungau debu dan bakteri dapat berkembang biak. Semua ini bisa memicu alergi.

"Bantal Anda pasti bisa menampung tungau debu, dan mereka tumbuh lebih baik dalam cuaca hangat, jadi beberapa lagi mungkin menumpuk [di musim panas]," kata Dr. Hooper, dikutip dari Well+Good, Sabtu, 5 Agustus 2023. "Jika Anda mengalami masalah alergi atau bersin, itu pasti tungau debu yang Anda hirup melalui bantal."

Dr. Hooper merekemondasikan membersihkan bantal Anda setiap tiga bulan atau lebih untuk mengurangi penumpukan tungau debu dan kelembapan. Anda tidak perlu mencuci bantal sesering sarung bantal, yang berfungsi sebagai pembatas dan harus diganti setiap minggu.

Cara Membersihkan Bantal Sesuai Bahan

Cara terbaik untuk membersihkan bantal tergantung pada bahannya. Menggunakan mesin cuci dan pengering Anda adalah salah satu alat membersihkan bantal, juga berfungsi untuk bantal yang diisi dengan bulu halus atau serat sintetis. Sebelum Anda melakukan apa pun, pastikan untuk membaca dan mengikuti label perawatan di bantal Anda, yang memberikan petunjuk khusus tentang cara membersihkannya.

Secara umum, Becky Rapinchuk, pakar kebersihan dan penulis Clean Mama's Guide to a Healthy Home, mengatakan banyak bantal, seperti bulu angsa, sintetis, atau bulu angsa alternatif, bisa dibersihkan di mesin cuci dan pengering. Namun, bantal bulu angsa mungkin memerlukan "sedikit perawatan ekstra" agar bulunya tetap lembut dan mempertahankan bentuknya.

Satu jenis bantal yang harus selalu Anda bersihkan dengan tangan adalah jka Anda memiliki bantal lateks atau busa. Jika Anda memasukkanya ke dalam pengering, bantal Anda akan meleleh dan hancur, menurut Rapinchuck. Berikut rincian cara membersihkan berbagai jenis isian bantal.

Bantal bulu, bulu halus, atau bulu angsa alternatif

- Pra-perawatan noda

Untuk membersihkan noda bekas keringat kuning, air liur, atau darah, Rapinchuk merekomendasikan penggunaan semprotan cucian terkonsentrasi atau pembersih oksigen untuk mengangkat segala jenis noda yang mengganggu.

“Ini mengandung natrium perkarbonat, yang merupakan hidrogen peroksida kering, dan memberikan sedikit tindakan pemutihan yang Anda inginkan tanpa menggunakan pemutih yang sebenarnya,” katanya.

- Jangan terlalu banyak air

Bantal bersifat menyerap, jadi hindari menggunakan lebih banyak air saat membersihkannya. Jika Anda dapat menyesuaikan pengaturan muatan pada mesin cuci Anda, Rapinchuk merekomendasikan untuk menggunakan air yang cukup agar bantal terendam dan tertutup.

Sekali lagi bantal menyerap, jadi terlalu banyak air berarti waktu pembersihan lebih lama, dan mungkin beberapa siklus putaran tambahan untuk memeras semua air ekstra itu.

Anda bisa mencuci dua atau tiga bantal sekaligus saat mencuci di mesin cuci. Itu merupakan jumlah maksimal untuk memastikan proses mencuci berlangsung maksimal..

“Anda ingin memastikan bahwa air mengalir bebas dan melakukan pekerjaan dengan baik,” katanya. Jika bantal Anda masih basah kuyup di akhir siklus, Rapinchuk merekomendasikan untuk menjalankan siklus putaran tambahan.

- Mencuci Tangan

Cindy Inman, ahli kebersihan dengan pengalaman lebih dari 35 tahun, lebih suka menggunakan baskom di ruang cucinya untuk mencuci bantalnya. Setelah membersihkan bantal Anda dari noda, rendam bantal di baskom berisi air hangat selama 20 menit, lalu peras airnya sebanyak mungkin. Anda dapat menyelesaikan pekerjaan di mesin cuci dan pengering, gantung di tali jemuran, atau taruh di atas handuk bersih hingga kering.

2. Busa memori, gel, atau bantal lateks

Banyak bantal busa dilengkapi dengan penutup pelindung yang dapat dicuci dengan mesin. Jika milik Anda memiliki ini, Rapinchuk dan Inman merekomendasikan untuk melepas penutup ini dan mencucinya sesuai dengan petunjuk label perawatan.

Setelah membersihkan noda apa pun, gunakan kain pembersih yang lembut dan sedikit air sabun untuk membersihkan seluruh bantal dengan lembut.

“Anda tidak boleh merendam bantal ini, Anda hanya mencucinya di permukaan,” kata Inman.

Biarkan bantal mengering, dan jangan pasang kembali sarung bantal sampai Anda yakin seluruh bantal benar-benar kering.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."