Seprai dan Sarung Bantal Harus Rutin Dicuci, Ini Waktu Idealnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi seprai dan bantal tidur

Ilustrasi seprai dan bantal tidur

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seprai dan sarung bantal harus rutin dibersihkan karena menjadi sarang bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan penyakit. Tapi frekuensi membersihkan seprai semuanya tergantung pada preferensi tidur Anda. Misalnya seberapa banyak Anda bergerak dalam tidur, pakaian yang digunakan saat tidur, dan Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda tidur sendiri atau berbagi tempat tidur dengan orang yang dicintai atau hewan peliharaan.

Melansir laman Bustle, ada banyak hal-hal dan kontaminasi yang dapat menumpuk di seprai Anda dalam waktu lama, termasuk sel kulit mati, minyak tubuh, air liur, dan tentu saja, tungau debu. Jika Anda memiliki jerawat, bisa jadi ada hubungannya dengan seprai Anda.

Seperti yang dikatakan oleh dermatologis Whitney Bowe, M.D. kepada Self, tidak mengganti seprai Anda secara teratur dapat mengganggu ekosistem kulit Anda, atau dikenal sebagai microbiome kulit Anda, karena banyaknya bakteri yang menempel pada sarung bantal Anda.

Jadi berapa jumlah waktu optimal untuk mencuci seprai Anda? Menurut para ahli setidaknya sekali seminggu adalah yang terbaik. Tetapi seperti yang dikatakan oleh mikrobiologis Michael Schmidt, Ph.D. banyak faktor menentukan apakah Anda harus mencuci seprai lebih dari sekali seminggu berdasarkan gaya hidup Anda.

Tentu saja, akan ada berbagai saran di seluruh web. Good Housekeeping menyarankan bahwa mencuci seprai Anda bisa dilakukan "setidaknya sekali setiap dua minggu", tetapi mereka juga mencatat bahwa jika Anda cenderung banyak berkeringat di tempat tidur, "Anda harus menambah ini setiap seminggu sekali." Ini juga berlaku untuk orang yang memiliki alergi seperti hayfever, karena serbuk sari dapat menumpuk cukup drastis pada seprai Anda sepanjang minggu. Seperti yang dicatat oleh Self, tungau debu juga berperan dalam hal ini karena dapat memicu gejala alergi seperti pilek, mata berair, bersin, dan ketidaknyamanan umum yang membuatnya sulit untuk mendapatkan istirahat yang baik di malam hari.

Selain itu, Women's Health mencatat bahwa American Academy of Dermatology (ADD) juga menyarankan mengganti sarung bantal Anda dua hingga tiga kali seminggu. Jika Anda tidak punya waktu - atau sarana - untuk mencuci seprai sekali seminggu, Anda dapat meregangkan kerangka waktu ini sedikit lebih lama. Seperti yang disarankan Dr Bowe. Anda harus selalu mencuci muka sebelum tidur, bahkan jika Anda hanya menggunakan pelembab atau tabir surya pada siang hari. Mandi sebelum tidur juga merupakan teriakan yang baik, karena dapat menghilangkan beberapa sel kulit yang terkelupas di antara seprai Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."