Hari Anak Nasional, Menteri Bintang Ajak Asah dan Kembangkan Potensi Buah Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak bermain di kolong meja. Foto: Freepik.com

Ilustrasi anak bermain di kolong meja. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Anak Nasional, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak anak Indonesia untuk terus menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mencari pengalaman yang positif untuk masa depan mereka.

"Untuk anak-anak di seluruh penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke teruslah memperkaya diri dengan sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman yang positif," kata Bintang Puspayoga dalam acara "Hari Anak Nasional 2023" di Kota Semarang, Jawa Tengah, Ahad 23 Juli 2023.

Bintang Puspayoga mengatakan setiap anak merupakan anak hebat yang memiliki potensi besar yang perlu diasah dan dikembangkan. "Setiap dari kalian tanpa terkecuali adalah anak-anak hebat dengan segudang potensi, penerus terbaik bangsa ini," katanya.

Dia juga berpesan agar anak-anak Indonesia terus melakukan kebaikan dan meningkatkan kemampuan diri. "Jangan pernah lelah dalam menyebarkan kebaikan dan meningkatkan kapasitas diri karena kalian-lah masa depan bangsa yang kita cintai," kata Bintang Puspayoga.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan bahwa anak-anak Indonesia harus tumbuh dan berkembang secara optimal, serta terpenuhi hak-haknya, yang diantaranya hak pendidikan, hak dibesarkan dengan penuh kasih sayang, terlindungi dari kekerasan dan eksploitasi, serta hak berpartisipasi dalam pembangunan.

"Anak-anak Indonesia, siapapun dia harus tumbuh sehat, harus sekolah setinggi-tingginya, harus memiliki identitas, harus dibesarkan dengan penuh kasih sayang, harus dilindungi dari kekerasan, eksploitasi, dan berbagai perlakuan salah lainnya, serta harus aktif berpartisipasi dan bersuara, namun juga harus didengarkan oleh orang dewasa," katanya.

Pemenuhan hak dan perlindungan anak tersebut merupakan tugas semua pihak untuk mengupayakannya. "Nah, inilah tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang dewasa," kata Bintang Puspayoga.

Selain menggelar acara puncak peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Semarang, Jawa Tengah, sebelumnya KemenPPPA juga telah mengadakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2023 seperti aksi peduli, Jelajah SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak), perlombaan, webinar, kegiatan Forum Anak Nasional, dan pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota layak anak. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan tagline #BeraniKarenaPeduli.

Pilihan Editor: Hari Anak Nasional 2023, Begini 10 Cara Orang Tua menjadi Ruang Aman bagi Anak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."