Mirip Keto, Ketahui Panduan Diet Atkins yang Fokus pada Protein dan Lemak Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

IKLAN

Semua bentuk diet Atkins difokuskan untuk membatasi apa yang disebut karbohidrat bersih (termasuk yang ada dalam sayuran) dan menekankan makan protein dan jenis lemak yang sehat. Karbohidrat pilihan ditambahkan kembali ke diet Anda saat Anda mulai mendekati tujuan penurunan berat badan.

Atkins mendefinisikan karbohidrat bersih sebagai gram karbohidrat dikurangi gram serat dan gram gula alkohol. (Perhatikan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS [FDA] tidak mengakui "karbohidrat bersih" sebagai istilah nutrisi yang diterima.

Atkins 20 dan Atkins 40 melibatkan berbagai fase, sedangkan Atkins 100 dianggap sebagai pendekatan gaya hidup dan menyerukan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 100 karbohidrat bersih per hari. Di Atkins 20, fase "induksi" awal Anda membatasi Anda hingga 20 gram (g) karbohidrat bersih, sedangkan di Atkins 40, fase induksi Anda membatasi Anda hingga 40 g karbohidrat bersih, yang memberi Anda sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam makanan. Anda bisa makan di awal (termasuk, misalnya, pilih buah-buahan). 

Di Atkins 20, Anda menambahkan karbohidrat bersih kembali ke diet Anda dengan penambahan 5 g (20, 25, 30, dan seterusnya), sedangkan di Atkins 40, Anda menambahkan karbohidrat bersih kembali ke diet Anda dengan peningkatan 10 g, jelaskan Lauren Popeck, RD, dari Orlando Health di Florida.

1. Atkins 20 

Untuk membantu mempercepat penurunan berat badan Anda di Atkins 20, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut:

Sayuran dasar, seperti brokoli, bayam, bok choy, dan mentimun
Protein, seperti telur, ayam, dan daging sapi
Semua ikan, termasuk salmon, cod, flounder, dan herring
Mentega dan minyak zaitun
Beberapa keju, seperti cheddar, kambing, Swiss, dan Parmesan

2. Atkins 40 

Jika Anda mengikuti rencana Atkins 40, Anda dapat makan semua hal di atas, serta makanan berikut (selama Anda menyimpan karbohidrat bersih di bawah 40 gram per hari):

Kacang-kacangan Buah
Sayuran bertepung, seperti labu, kentang, dan bit
Biji-bijian utuh, seperti barley, nasi gandum, dan pasta gandum

Atkins 100 

Atkins 100 pengikut bisa makan hampir semua makanan, asalkan Anda tidak melebihi 100 g karbohidrat bersih per hari. Karbohidrat dapat bertambah dengan cepat jika Anda makan gula atau karbohidrat olahan, jadi sebaiknya batasi atau hindari itu.

Premis dari diet Atkins adalah jika Anda menghitung dan membatasi karbohidrat - bahan bakar tubuh yang biasa - tubuh Anda akan dipaksa untuk membakar simpanan lemak Anda untuk energi, sehingga mendorong penurunan berat badan. 

Seperti banyak diet iseng lainnya, ide utamanya adalah berhenti makan makanan yang dibuat dengan tepung dan gula olahan. Tetapi jika Anda mencoba untuk mengikuti Atkins 20, bahkan makanan gandum utuh padat karbohidrat ada di daftar jangan makan sampai Anda mencapai fase pemeliharaan.

Memotong karbohidrat pada awalnya dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Namun, menghilangkan seluruh kelompok makanan, seperti biji-bijian, susu, yogurt, dan buah-buahan, kemungkinan besar tidak berkelanjutan dan nutrisinya tidak mencukupi. Serat pasti akan kurang, juga kalsium, potasium, serta vitamin dan mineral lainnya.

Pilihan Editor: 8 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat, Bau Mulut hingga Sakit Kepala

EVERYDAY HEALTH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."