7 Fakta Jane Birkin, Aktris dan Penyanyi yang jadi Inspirasi Tas Birkin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Penyanyi asal Inggris, Jane Birkin. Foto: Instagram/@janebirkinoff

Penyanyi asal Inggris, Jane Birkin. Foto: Instagram/@janebirkinoff

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris, Jane Birkin meninggal di Paris, Prancis, pada Minggu, 16 Juli 2023. Dia wafat di usia 76 tahun. Dia ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa oleh perawat di rumahnya dan pihak keluarga belum mengonfirmasi penyebab kematiannya

Berpulangnya Birkin diumumkan oleh Kementerian Kebudayaan Prancis melalui sebuah cuitan di Twitter.

"Jane Birkin, orang Inggris paling Paris telah meninggalkan kami. Kami tidak akan pernah melupakan lagu-lagunya, tawanya atau aksennya yang tiada tara yang selalu menemani kami. Semua pikiran saya untuk keluarganya, untuk mereka yang mencintainya," tulis Walikota Paris Anne Hidalgo di Twitter pada Minggu malam.

Penyebab kematian Birkin belum diketahui, tetapi menurut ABC News, dia telah alami masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk stroke pada tahun 2021 dan patah tulang belikat awal tahun 2023 yang membuatnya tidak bisa tampil di depan umum. Lebih dari 20 tahun silam, dia juga sempat didiagnosis leukimia.

Jika kamu belum mengenal siapa Jane Birkin, berikut sederet fakta menariknya.

1. Tanggal Lahir

Jane Mallory Birkin atau Jane Birkin Lahir di London pada 14 Desember 1946. Ibunya adalah Judy Campbell, dan ayahnya David Birkin.

2. Kisah Cinta

Aktris ini mendapatkan ketenaran setelah pindah ke Paris untuk mengerjakan film Slogan ketika dia berusia 20 tahun, menurut CNN. Di lokasi syuting film 1968, dia bertemu dan berpasangan dengan aktor Prancis juga penyanyi-penulis lagu, Serge Gainsbourg.

Belakangan di tahun yang sama, Birkin dan Gainsbourg - yang menjadi daya tarik nasional Prancis - berkolaborasi dalam lagu aktris yang paling terkenal, duet yang menjurus ke arah seksual Je T'Aime... Moi Non Plus, yang diterjemahkan menjadi "I Love You. .. Aku juga tidak."

Dalam wawancara tahun 2006 dengan CNN, Birkin merenungkan hubungannya yang sangat terbuka dengan penyanyi itu, hubungan yang melambungkannya ke sorotan Prancis.

“Dia dan saya menjadi pasangan yang paling terkenal dengan cara yang aneh karena 'Je t'aime' dan karena kami bersatu selama 13 tahun,” katanya kepada mantan kekasihnya, yang meninggal pada tahun 1991.

“Dan dia pergi menjadi temanku sampai hari kematiannya. Siapa yang bisa meminta lebih banyak? Jadi Paris menjadi rumah saya. Saya telah diadopsi di sini,” ujarnya.

Sebelum menjalin hubungan dengan Gainsbourg, Birikin diketahui menikah dengan komposer John Barry pada 1965,lalu berpisah tiga tahun kemudian. 

3. Anak-anak Jane Birkin

Dari pernikahan pertamanya dengan John Barry, Birkin dikaruniai seorang putri yang dinamai Kate Barry. Semasa hidupnya, Kate Barry diketahui menjadi fotografer. Dia telah berpulang lebih dulu di usia 46 tahun pada 2013 silam.

Dia juga memiliki seorang putri dengan Gainsbourg yang dinamai Charlotte Gainsbourg, aktris berusia 51 tahun, menurut ABC News

Kemudian Birkin dikaruniai seorang putri buah cintanya dengan sutradara Prancis, Jacques Doillon. Dia adalah Lou Doillon yang berprofesi sebagai aktris sekaligus musikus.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."