7 Tanda Pelecehan Emosional yang Perlu Diwaspadai, Jangan Abai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSebagian dari kita mengalami masa kecil di lingkungan keluarga yang kurang akrab, di mana kebutuhan akan perawatan dan kasih sayang sebagai seorang anak tidak terpenuhi sepenuhnya. Beberapa dari kita mungkin tumbuh dalam lingkungan yang penuh dengan pelecehan emosional yang terus-menerus. Akibatnya, mengembangkan mekanisme bertahan  yang membuat kita berada dalam kondisi melawan atau melarikan diri sejak usia dini. Namun, ketika memasuki dewasa, mulai menghadapi tantangan dalam menjalin hubungan.

Pelecehan emosional dan gejalanya dapat muncul dengan berbagai cara. Dalam menghadapi hal ini, penting bagi kita untuk memahami tanda-tanda pelecehan emosional yang kerap kita abaikan atau kita lakukan terhadap diri sendiri tanpa disadari, menurut terapis Allyson Kellum-Aguirre, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu, 21 Juni 2023.

1. Dikendalikan oleh Rasa Bersalah 

Saat terperangkap dalam siklus tanpa henti merasa bersalah itu termasuk tanda pelecehan emosional.. Hal ini muncul ketika kita terus menyalahkan diri sendiri atas segala yang terjadi di sekitar kita. Rasa takut tidak disukai membuat kita terus-menerus meminta maaf.

2. Menjadi Sasaran Empuk

Apakah Anda kerap menjadi "bulan-bulanan" bagi orang lain untuk melampiaskan perasaan dan emosi mereka. Jika itu yang Anda alami, itu termasuk tanda pelecehan emosional. Dengan rasa harga diri yang rendah, kita takut untuk membela diri sendiri karena takut akan kesendirian.

3. Kehilangan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri dan keyakinan dalam diri yang hilang, itu termasuk tanda pelecehan emosional yang kerap dilakukan pada diri sendiri tanpa disadari. Akibatnya, selalu meragukan tindakan dan keputusan yang diambil.

4. Selalu Takut akan Kegagalan

Rasa takut akan kegagalan juga termasuk tanda pelecehan emosina. Kondisi ini bisa menciptakan kecemasan yang kuat di dalam diri kita.

5. Meragukan Realitas

Persepsi tentang realitas dan narasi hidup sering diragukan. Saat Anda merasa bahwa tidak benar atau tidak pantas, padahal fakta berkata sebaliknya, itu sinyal pelecehan emosional yang Anda lakukan.

6. Kesulitan dalam Berkomunikasi

Ketika Anda tidak pernah diberikan kesempatan untuk menyuarakan pikiran dan perasaan, Anda akan sering mengalami kesulitan dalam mengartikulasikan apa yang dirasakan. Walhasil, Anda sulit berkomunikasi dengan siapa pun, terlebih dengan orang baru.

7. Perasaan Tidak Merasa Cukup 

Apakah Anda merasa bahwa Anda tidak merasa cukup dengan diri sendiri? Karena rasa itu, Andasering merasa tidak bahagia dan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kepercayaan pada diri sendiri, itu pertanda pelecehan mosional.

Dalam menghadapi tantangan ini, penting bagi kita untuk memahami bahwa kita memiliki nilai yang sebenarnya dan berhak mendapatkan kasih sayang, penghargaan, dan kebahagiaan. Melalui pengembangan rasa harga diri yang sehat dan percaya diri yang kuat, kita dapat mengatasi pola pikir negatif dan membangun kehidupan yang lebih memuaskan.

Dengan mengetahui tanda pelecehan emosional, kita dapat memulai proses penyembuhan dan pertumbuhan pribadi. Melalui pemahaman yang lebih baik, kita dapat membentuk hubungan dewasa yang lebih sehat dan membangun kehidupan yang lebih bahagia.

Pilihan Editor: 8 Tanda Pasangan Melakukan Pelecehan Emosional

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."