Liburan Sekolah, Simak 4 Tips Mencegah Anak Mabuk Perjalanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak mabuk darat. Shutterstock

Ilustrasi anak mabuk darat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di musim liburan sekolah, sejumlah orang tua berencana membawa anak berlibur ke tempat wisata yang didambakan si kecil. Selain mempersiapkan barang bawaan yang dibutuhkan selama berlibur, perhatikan pula kenyamanan anak selama di perjalanan. Jika anak Anda mudah mengalami mabuk perjalanan, ada baiknya menyimak cara mencegahnya seperti berikut.

Mabuk perjalanan biasanya dimulai dengan sakit perut, keringat dingin, kehilangan energi dan nafsu makan hingga muntah. Mabuk perjalanan biasanya berhenti saat gerakan berhenti. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan aktivitas yang menyebabkan masalah. Jika berada di dalam mobil, berhentilah sesegera mungkin dan biarkan anak berjalan-jalan. Jika perjalanan mobil panjang, sering seringlah berhenti.

Berikut tips mencegah anak mabuk perjalanan seperti dikutip dari todaysparent dan thechildren, dari memperhatikan asupan hingga tempat duduk.

1. Pilah-pilih Makanan sebelum Perjalanan

Perhatikan betul makanan dan minuman anak sebelum bepergian. Hindari makanan berat, berminyak, atau gula untuk mencegah mual selama perjalanan. Juga hindari makanan asam, termasuk jus buah dan minuman bersoda.

Namun, beberapa anak merasa mual jika mereka bepergian dengan perut kosong. Jika demikian, beri mereka camilan atau makanan kecil yang hambar dan sediakan camilan biasa seperti kerupuk asin selama perjalanan. Oatmeal, roti, dan pisang termasuk deretan makanan yang bisa dimakan sebelum bepergian.

2. Alihkan Perhatian Anak

Cobalah untuk memusatkan perhatian anak jauh dari perasaan mual mereka. Dengarkan radio, bicara atau bernyanyi. Ajak dia melihat ke luar mobil, bukan pada buku atau permainan yang dapat mengarahkannya untuk memfokuskan pandangannya pada satu area mobil.

Jika tidak ada yang berhasil, keluarkan dia dari mobil dan biarkan dia berbaring telentang selama beberapa menit. Kain dingin di kepala juga bisa membantu.

3. Tempat Duduk

Jika memungkinkan, berikan anak tempat duduk di mana mereka dapat menghadap ke luar jendela saat di pesawat atau mobil. Di pesawat, duduk di sayap dapat mengurangi mabuk perjalanan karena gerakan yang dirasakan berkurang. Bila di atas kapal, sebaiknya tetap berada di dekat bagian tengah kapal.

4. Obat-obatan

Jika melakukan perjalanan dan anak pernah mengalami mabuk perjalanan sebelumnya, pertimbangkan untuk membawa obat pencegah mabuk perjalanan. Meskipun dapat membeli beberapa obat ini tanpa resep, akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter anak sebelum menggunakannya.

Gejala mabuk perjalanan pada anak biasanya lebih mengganggu daripada apa pun, apalagi ketika obat mual tidak efektif atau tidak dapat ditoleransi dengan baik, bahkan ketika perjalanan singkat dengan kendaraan dapat membuat mual, atau ketika anak muntah terlalu banyak sehingga berisiko mengalami dehidrasi.

Semoga tips di atas dapat membantu mencegah anak mabuk perjalanan.

Pilihan Editor: Bawa Anak Bepergian saat Liburan Sekolah, Perhatikan 5 Hal Berikut

MALINI | TODAYS PARENT | THE CHILDREN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."