Bawa Anak Bepergian saat Liburan Sekolah, Perhatikan 5 Hal Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Orang tua dan anak sedang merencanakan liburan. Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Orang tua dan anak sedang merencanakan liburan. Foto: Freepik.com/Lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim libur sekolah telah tiba. Sejumlah orang tua, mungkin termasuk Anda, berencana membawa buah hati jalan-jalan. Namun, sebelum berangkat, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, agar dalam kondisi prima saat bepergian. Berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan kala bawa anak bepergian saat liburan sekolah, menurut Nihar Parekh, dokter anak asal India.

1. Hindari Makanan Mentah

Saat bepergian, di mana pun lokasinya, hindarilah makanan mentah. "Tidak ada sambal, tidak ada salad, tidak ada ikan mentah, tidak ada potongan daging dingin, jangan berikan apa pun yang tidak dimasak untuk dimakan anak," ujar dokter Parekh, dikutip dari laman Times of India, Kamis, 16 Juni 2023.

Untuk konsumsi air, ia menambahkan, "Kecuali jika berada di daerah di mana mereka minum dari keran, air yang direbus atau air mineral harus menjadi kebiasaan."

2. Jangan Terlalu Banyak Makanan Bertepung

Hindari konsumsi makanan bertepung secara berlebihan seperti roti, pasta, pizza, jika tidak, anak bisa mengalami sembelit. Jika anak mengalami sembelit, itu bisa merusak waktu liburan yang berharga untuk mereka.

Anak mungkin tidak bisa bersenang-senang, makan apa yang mereka inginkan, terus menangis, memegangi perut, hingga tidak berada dalam suasana hati yang baik.

3. Memakai Tabir Surya

Membawa tabir surya dalam perjalanan adalah suatu keharusan, tanpa memandang lokasi liburannya. "Jika mereka terbakar sinar matahari atau memiliki ruam kulit yang menyakitkan, mereka tidak akan bersenang-senang lagi," jelas dokter Parekh.

4. Bawa Obat-obatan 

"Pastikan Anda membawa semua obat yang diperlukan untuk perjalanan, dan itu harus termasuk antibiotik cadangan yang diberikan dokter anak kepada diri Anda. Mendapatkan antibiotik di luar negeri hampir tidak mungkin dilakukan tanpa resep dokter. Jika anak Anda akhirnya mengalami demam, sangat berguna untuk menyimpan antibiotik cadangan," kata Dr. Parekh.

5. Janganlah menjadi Penghancur Suasana

Meskipun tindakan pencegahan sangat penting, tapi jangan terlalu khawatir. Biarkan anak menikmati waktu yang bebas dan menyenangkan.

"Jangan membatasi permen, es krim, cokelat. Biarkan anak-anak merasakan kegembiraan. Ciptakan kenangan yang luar biasa. Jadikanlah kegiatan liburan yang menyenangkan sehingga anak-anak akan mengingatnya sepanjang hidup," pungkas Dr. Parekh.

Pilihan Editor: Alasan Nagita Slavina Memperbolehkan Rafathar Main Game Hanya saat Libur Sekolah 

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."