7 Aktivitas yang Perlu Dilakukan Orang Tua bersama Anak Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu mengajarkan anaknya membaca. shutterstock.com

Ilustrasi ibu mengajarkan anaknya membaca. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang tua sering mengalami kesulitan memikirkan aktivitas yang dapat membuat mereka tetap terlibat bersama anak. Menjaga anak tetap terlibat secara mental dan fisik setiap hari adalah beberapa aturan dasar dapat ditetapkan. Salah satunya membaca karena aktivitas ini mengembangkan imajinasi mereka dan membantu perkembangan otak. Demikian pula, bermain di luar ruangan dengan anak seusianya adalah cara terbaik untuk membuat anak kita tetap aktif secara fisik. Bukan cuma itu, ada sejumlah aktivitas yang perlu dilakukan orang tua bersama anak setiap hari menurut Dr. Jyoti Kapoor, Pendiri-Direktur dan Psikiater Senior Manasthali, India, dikutip dari laman Hindustan Times, Minggu, 11 Juni 2023.

1. Membaca Bersama

Membaca adalah aktivitas yang membantu merangsang imajinasi anak, keterampilan bahasa, dan perkembangan kognitif. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca bersama, apakah itu buku bergambar untuk anak yang lebih kecil atau buku bab untuk yang lebih tua. Dorong partisipasi mereka dengan mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan cerita.

2. Bermain di Luar Ruangan

Terlibat dalam aktivitas fisik di luar ruangan sangat penting untuk kesejahteraan anak secara keseluruhan. Ajak mereka untuk menghabiskan waktu di luar setiap hari, entah itu bermain di taman, bersepeda, bermain lempar tangkap, atau sekadar menjelajahi alam.

Bermain di luar ruangan meningkatkan kebugaran fisik, interaksi sosial, dan rasa petualangan.

3. Waktu Kreatif

Aktivitas orang tua bersama anak yang disarankan selanjutnya adalah waktu untuk aktivitas kreatif seperti menggambar, melukis, kerajinan tangan, atau membangun dengan balok. Kegiatan ini meningkatkan kreativitas anak Anda, keterampilan motorik halus, dan kemampuan memecahkan masalah. Dorong imajinasi mereka dan puji upaya mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

4. Makan Bersama

Makan bersama sebagai satu keluarga tidak hanya menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat, tetapi juga memberikan kesempatan untuk waktu ikatan yang berkualitas. Bertujuan untuk makan bersama setidaknya satu kali setiap hari, di mana Anda dapat terlibat dalam percakapan yang bermakna, berbagi cerita, dan menciptakan kenangan abadi.

5. Kegiatan Belajar

Libatkan anak-anak Anda dalam kegiatan pendidikan untuk mendukung pertumbuhan intelektual mereka. Ini bisa termasuk memecahkan teka-teki, bermain game edukasi, melakukan eksperimen sains, atau melatih keterampilan matematika dasar. Sesuaikan aktivitas ini dengan usia dan minat mereka, jadikan pembelajaran menyenangkan dan interaktif.

6. Tugas dan Tanggung Jawab

Libatkan anak-anak Anda dalam tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan usia di sekitar rumah. Ini mengajarkan mereka keterampilan hidup yang penting, seperti organisasi, kerja tim, dan akuntabilitas.

Tetapkan tugas seperti merapikan kamar mereka, mengatur meja, atau merapikan mainan, dan pujilah usaha mereka.

7. Waktu Berkualitas

Terakhir, pastikan untuk mendedikasikan waktu berkualitas untuk semakin menjalin ikatan dengan anak Anda. Ini bisa melalui kegiatan seperti bermain permainan papan, berjalan-jalan bersama keluarga, menonton film malam, atau melakukan hobi favorit mereka bersama. Kali ini memungkinkan Anda untuk memperkuat hubungan Anda dan menciptakan kenangan berharga.

So, luangkan waktu untuk sejumlah aktivitas bersama anak Anda, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 5 Cara Memperkuat Bonding dengan Anak, Memeluk Hangat hingga Makan Bersama

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."