9 Manfaat Makan Buah Anggur, Menyehatkan Otak dan Bikin Kulit Lebih Bercahaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

IKLAN

7. Menyehatkan Otak

Otak kita juga dapat memperoleh manfaat dari makan buah anggur setiap hari, terutama karena kandungan resveratrol, air, dan vitamin B6 di dalamnya.

Satu tinjauan data menemukan resveratrol terkait dengan mekanisme pelindung saraf yang dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif termasuk Alzheimer. Quercetin yang ditemukan dalam anggur juga menawarkan manfaat otak yang serupa. Sementara itu, uji coba kontrol acak menemukan bahwa suplemen ekstrak anggur dikaitkan dengan peningkatan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua.

Anggur juga mengandung lebih dari 80 persen air, elemen penting untuk kesehatan otak, membantu komunikasi sel otak, membuang racun dan limbah dari otak, dan memberikan nutrisi ke organ yang sangat penting ini.

Semua dampak itu setara dengan kapasitas hidrasi untuk meningkatkan daya ingat dan kognisi sekaligus mengurangi kemungkinan atau tingkat keparahan gangguan mood, sakit kepala, dan penyakit terkait otak. Vitamin B6 yang ditemukan dalam buah anggur juga mendukung perkembangan otak yang sehat.

8. Sarat Vitamin B

Anggur juga kaya vitamin B, menawarkan vitamin B6, thiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang banyak. Sementara kita sudah tahu B6 mendukung otak, vitamin tersebut juga berperan penting dalam keseluruhan sistem saraf dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, thiamin (B1) merupakan pusat metabolisme makronutrien, dan riboflavin (B2) membantu produksi sel darah merah, fungsi kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

9. Menyehatkan Kulit

Anggur bahkan dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit Anda. Resveratrol tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada kulit, tetapi juga melindunginya dari sinar ultraviolet, kerutan, dan melanoma. Senyawa tumbuhan yang luar biasa ini bahkan membantu merangsang produksi kolagen, yang selanjutnya membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Kandungan air yang ditemukan dalam buah anggur juga mempromosikan pelindung kulit yang lembap dan sehat

Dengan sederet manfaat di atas, upayakan kamu makan buah anggur di antara buah pilihannya, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Buah Anggur agar Tahan Lama, Pilih Wadah Berventilasi

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."