4 Cara Mencegah Dehidrasi saat Belanja di Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja di bawah teriknya sinar matahari. Foto: Freepik.com

Ilustrasi belanja di bawah teriknya sinar matahari. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di cuaca panas seperti sekarang, ada sejumlah cara mencegah dehidrasi di berbagai aktivitas termasuk saat belanja di bawah terik sinar matahari. Adakalanya kita belanja di luar ruangan seperti pergi ke pasar loak, pasar tradisional atau bazaar makanan. Agar  tetap terhidrasi dan energik menghabiskan waktu belanja di luar ruangan, berikut sederet cara mencegah dehidrasi yang perlu kita ketahui bersama.

1. Kenakan Pakaian Bahan Linen atau Katun

Mengenakan pakaian ketat atau tidak nyaman akan menggagalkan rencana belanja Anda. Penting untuk berpakaian dengan benar atau Anda akan merasa pengap. Sebaiknya memakai baju dari bahan katun dan linen. Kenakan kacamata hitam, topi, dan kenakan tabir surya dalam jumlah yang baik setidaknya 30 menit sebelum melangkah keluar.

2. Bawa Minuman

Botol air Anda sama pentingnya dengan dompet Anda. Pastikan membawa satu dari rumah atau beli satu jika Anda lupa. Namun, jangan tetap haus dan terus minum air karena Anda akan segera mengalami dehidrasi. Cari toilet umum di sekitar dulu jika Anda khawatir ke mana harus buang air kecil jika akhirnya minum air dengan bebas.

3. Makan Salad

Daripada membeli gorengan saat merasa lapar, ambillah sekotak salad. Anda bisa membuat salad yang menyegarkan dengan banyak sayuran yang dicincang bersama dan dibumbui dengan jus lemon atau mayones. Anda juga bisa menambahkan beberapa sumber protein berupa paneer, potongan kedelai atau ayam.

Anda juga bisa membawa buah dan menggigitnya, atau mengemas salad buah. Buah dan sayuran ini akan menghidrasi dan memberi Anda energi.

4. Berteduh Sejenak

Jika Anda merasa kepanasan saat berbelanja di pasar yang ramai, carilah tempat yang meredakan panas, seperti toko atau kafe dengan pendingin ruangan. Jika Anda merasa terkuras, minum air putih mungkin tidak membantu, coba cari kios limun atau penjual air kelapa. Setelah Anda merasa segar, Anda dapat melanjutkan berbelanja.

Bagaimanapun, disarankan untuk menghindari jam puncak panas dan keluar di sore atau malam hari, ketika suhunya dapat diterima untuk Anda. Pastikan Anda cukup makan dan cukup istirahat sebelum melangkah keluar untuk hari yang sibuk. Selamat berbelanja!

Pilihan Editor: 7 Tanda Dehidrasi Menurut Dokter, Jangan Diabaikan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."