6 Manfaat Wijen untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung, Tulang, dan Sendi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

IKLAN

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wijen juga akan membantu menjaga fungsi sistem kekebalan berkat seng, vitamin E, dan senyawa tanaman yang dikandungnya. Zinc adalah mineral yang terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan respons imun, sedangkan vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Biji ini juga sangat tinggi lignan, fitosterol, dan flavonol. Dalam wijen, Anda juga akan menemukan senyawa lignan sesamol, sesamin, dan sesamolin. Tinjauan bukti yang diterbitkan dalam Moleculs menemukan ini lignan memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan bahkan anti-kanker, sekaligus mendukung pengaturan gula darah dan memperlambat proses penuaan. Semua nutrisi ini bergabung untuk menjadikan wijen sebagai makanan penambah kekebalan tubuh yang luar biasa.

4. Menyehatkan Jantung

Banyak komponen nutrisi yang akan Anda temukan dalam biji wijen — yaitu lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin E — bergabung menjadikannya pilihan makanan sehat jantung yang sangat baik. Keindahan kecil ini tidak disebut biji minyak tanpa alasan: Faktanya, 60 persen komposisinya adalah minyak, dan minyak yang menyehatkan jantung.

Biji wijen terutama menawarkan lemak tak jenuh, yang dianggap sebagai lemak yang menyehatkan jantung, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol darah sekaligus mengurangi peradangan.

Serat yang dikandungnya juga membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh, yang kadarnya tinggi dapat menjadi penyumbang utama penyakit jantung. Sementara itu, magnesium dan vitamin E dalam biji wijen bekerja untuk mengurangi tekanan darah, bagian kunci lain dari teka-teki penyakit kardiovaskular. Data mendukung hal ini, dengan satu ulasan menemukan bahwa konsumsi wijen dikaitkan dengan peningkatan kadar lemak darah (termasuk kolesterol) serta tingkat tekanan darah.8

5. Mendukung Kesehatan Tulang dan Sendi

Wijen juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang dan sendi yang optimal. Saat melihat kesehatan tulang, wijen menawarkan fosfor dan magnesium, keduanya merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan tulang. Dan dalam hal persendian, penelitian menunjukkan bahwa wijen sebenarnya dapat mendorong pembentukan kondrosit.9 Kondrosit adalah komponen struktural tulang rawan, jaringan ikat yang melindungi persendian kita. Ini berarti bahwa benih ini mungkin memiliki kapasitas untuk menawarkan manfaat terapeutik bagi penderita osteoarthritis.

6. Mengandung Banyak Mineral

Selain semua nutrisi yang diberikan biji wijen tersebut, wijen juga mengandung sejumlah besar mangan, besi, tembaga, dan selenium. Mineral ini bekerja untuk membantu membentuk hormon, jaringan ikat, saraf, dan sel darah merah, sekaligus mencegah kerusakan DNA dan mendukung fungsi tiroid yang sehat.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah biji wijen hitam akan meningkatkan semua nutrisi biji wijen putih. Biji wijen hitam dan putih berasal dari tanaman yang sama, sehingga sebagian besar manfaat kesehatannya akan sama. Biji wijen putih sebenarnya adalah hasil dari menghilangkan kulit terluar hitam (atau lambung) dari biji wijen hitam, mirip dengan proses pembuatan biji-bijian halus. Karena biji wijen hitam mempertahankan cangkangnya, mereka menawarkan nutrisi yang ditingkatkan melalui tingkat senyawa tanaman, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi.

Pilihan Editor: Wijen Termasuk Daftar Alergen, Kata FDA

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."