8 Manfaat Air Lemon, Tak Cuma Menghidrasi Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencukupi kebutuhan air harian agar tetap terhidrasi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Nah, salah satu cara untuk membuat minum air menjadi lebih menarik dengan menambahkan perasan lemon atau beberapa irisan lemon. Ini mungkin tampak sederhana, tetapi selain memberikan kesegaran, air lemon juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu? Berikut sederet manfaat air lemon menurut ahli diet dan pakar kesehatan lainnya.

1. Bantu Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manfaat kesehatan yang paling jelas dari air lemon adalah cara cerdas membuat dirimu minum air. Sekitar 60 persen dari berat badan kita terdiri dari air, jadi tidak mengherankan jika itu terlibat dalam banyak fungsi tubuh. Beberapa di antaranya termasuk mengatur suhu tubuh, melindungi organ, dan membawa nutrisi ke sel-sel tubuh. Tanpa air yang cukup, Anda berisiko mengalami dehidrasi, yang dapat memiliki beberapa efek samping yang serius hingga ekstrem.

"Jika air lemon membantu Anda minum lebih banyak air, saya mendukungnya," kata Maggie Moon, ahli diet yang berbasis di Los Angeles dan penulis The Mind Diet, seperti dikutip dari Real Simple, Senin, 8 Mei 2023.

"Otak sebagian besar terdiri dari air, jadi kekurangan air, mengakibatkan gejala dehidrasi selembut kelelahan, lekas marah, dan kesulitan berkonsentrasi atau separah kebingungan, ketidakmampuan untuk membentuk kalimat, runtuh, dan bahkan kematian."

Berapa banyak air yang kamu butuhkan? Setiap tubuh secara teknis memiliki asupan cairan yang berbeda tergantung pada faktor unik seperti usia, jenis kelamin, massa tubuh, gaya hidup, iklim/lingkungan, dan tingkat aktivitas. Akademi Nutrisi dan Diet di Amerika Serikat merekomendasikan sembilan cangkir setiap hari untuk wanita dan 13 cangkir untuk pria. 

2. Sumber Antioksidan

Jika ada satu hal yang kita kaitkan dengan buah jeruk, itu adalah antioksidan. Karena lemon tinggi antioksidan, air lemon bisa menjadi cara untuk menuai beberapa manfaat dari diet kaya antioksidan.

Antioksidan bisa mencegah kerusakan sel, juga dikenal sebagai stres oksidatif. Kerusakan seluler ini telah dikaitkan dengan berbagai penyakit, tetapi antioksidan dapat menangkal stres oksidatif, sehingga mencegah penyakit, menurut National Institutes of Health.

"Semakin banyak antioksidan, semakin baik," ujar Kristen Carli, pendiri Camelback Nutrition & Wellness.

3. Mengandung Vitamin C

"Air lemon menyediakan vitamin C, dan tubuh membutuhkan vitamin C setiap hari," kata Moon. Kandungan tersebut sering dikaitkan dengan kesehatan kekebalan tubuh, tetapi juga penting untuk penyembuhan luka, penyerapan zat besi, dan memblokir kerusakan radikal bebas, catat Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat.

4. Mengandung Kalium

Lemon menyediakan beberapa kalium, hampir 32 mg per ons cairan jus lemon dan hampir 10 mg per sendok makan kulit. Kalium adalah mineral penting (dan elektrolit) dengan banyak manfaat. Kalium terutama dikenal karena perannya dalam fungsi saraf dan membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari dan Cara Benar Membuatnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."