Ketahui Efek Samping Minum Air Lemon pada Gigi

Ilustrasi air lemon. Unsplash.com/Fransesca Hotchin

kesehatan

Ketahui Efek Samping Minum Air Lemon pada Gigi

Sabtu, 2 Juli 2022 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Air lemon pada dasarnya adalah air putih yang telah diresapi dengan jus lemon segar dan tambahan beberapa es batu, opsional. Banyak dari kita beralih ke air lemon untuk meningkatkan hidrasi di pagi hari atau sepanjang hari. Ternyata selain menyegarkan dan bermanfaat baik untuk kesehatan, minum air lemon punya efek samping pada kesehatan gigi.

Berikut dampak air lemon pada gigi, gusi, dan kesehatan gigi secara keseluruhan menurut dokter gigi:

1. Keasaman air lemon dapat melunakkan enamel gigi

Enamel gigi yang melunak dapat menyebabkan menguning, gigi berlubang, dan sensitivitas pada gigi dan gusi. Namun, menurut Rhonda Kalasho, dokter gigi yang berbasis di Beverly Hills dan CEO TruGlo Modern Dental, ada juga beberapa kelemahan minum air lemon dalam hal kebersihan mulut.

"Keasaman air lemon dapat merusak gigi, gusi, dan email Anda dalam jangka panjang, kecuali jika Anda menerapkan beberapa langkah sederhana untuk mengurangi kerusakan dan melindungi gigi Anda dari erosi, pembusukan, atau menguning," katanya.

Untuk lebih spesifiknya, air lemon dapat melunakkan email gigi seiring waktu jika dikonsumsi secara konsisten dan berlebihan.

"Sebab apa pun yang bersifat asam dalam makanan Anda membuat gigi Anda mengalami demineralisasi, yang menyebabkan enamel melunak," kata dokter gigi sekaligus pendiri Les Belles di New York, Sharon Huang, DDS.

Dia mengatakan bahwa hal yang sama berlaku untuk makanan dan minuman asam lainnya seperti kopi, saus tomat, anggur, dan sebagainya.

Setelah email menjadi terlalu lunak, Dr. Huang mengatakan bahwa hal itu dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, serta meningkatkan risiko gigi berlubang dan mengalami sensitivitas pada gigi dan gusi.

"Minum melalui sedotan setelah Anda selesai dengan air lemon Anda akan membantu melestarikan enamel pada putih mutiara Anda. Saat Anda menyesap melalui sedotan, minuman asam sebagian melewati gigi Anda, yang membantu mencegah keasaman menyebabkan erosi pada enamel Anda. ," saran Dr. Huang. "Dan kemudian segera bilas mulut Anda dengan air setelah selesai."

2. Keasaman air lemon dapat meningkatkan risiko erosi gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman yang sangat asam dapat menyebabkan erosi gigi, tetapi ini hanya dalam kasus yang ekstrem. “Email gigi terbuat dari hydroxapetite, yang merupakan struktur kristal yang dapat dengan mudah dipecah oleh asam, dan ketika enamel dipecah menjadi lebih keropos, dan dengan demikian lunak dan rapuh, yang dapat menyebabkan kerusakan atau erosi,” Dr. Kata Kalasho.

Menurut Dr. Huang, apa pun dengan nilai pH lebih rendah dari lima setengah dapat merusak kesehatan mulut Anda. "Dan jus lemon memiliki nilai pH antara dua dan tiga, yang berarti sangat asam. Sayangnya, Anda tidak dapat membalikkan kerusakan karena tubuh tidak dapat meregenerasi email."

Lantas, adakah kiat minum air lemon tanpa merusak gigi. Dr. Kalasho merekomendasikan untuk menggunakan lebih banyak air dibandingkanjus lemon membantu mengatasi dampak negatif pada gigi Anda. Setidaknya, delapan ons air putih.

Selain itu, ingat tip Dr. Huang tentang meminta sedotan dan berkumur dengan air setelah Anda menghabiskan segelas air lemon untuk mencegah minuman melunakkan enamel pada gigi Anda.

Namun, saat membilas tepat setelah Anda menyesap itu bagus, Dr. Huang mengatakan untuk menghindari menyikat gigi.

"Anda harus menunggu setidaknya 30 menit setelah minum air lemon sebelum menyikat gigi untuk memberi mulut Anda cukup waktu untuk membuat jumlah air liur yang cukup untuk melawan demineralisasi pada gigi Anda," katanya.

Jika tidak, gerakan menyikat dan bulu di sikat gigi Anda akan terlalu abrasif untuk gigi Anda setelah terkena air lemon. Dr Huang juga merekomendasikan untuk tidak berhemat pada flossing dan menyikat gigi dua kali sehari menjaga kebersihan mulut yang ideal.

Terakhir, Anda dapat mencoba menggunakan flosser air, karena menggunakan air bertekanan tinggi sangat baik untuk membersihkan sisa makanan pada gigi dan membantu menetralkan sisa asam, yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi atau di sekitar gusi, saran Dr. Huang.

Baca juga: Manfaat Minum Air Lemon untuk Kandung Kemih

WELL AND GOOD