8 Manfaat Air Lemon, Tak Cuma Menghidrasi Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

IKLAN

5. Memiliki Asam Sitrat

Air lemon juga terkenal dengan kandungan asam sitratnya, senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan mengonsumsi lemon kaya asam sitrat dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Kandungan asam sitrat juga telah dikaitkan dengan membantu mencegah batu ginjal. Dalam percobaan kecil tahun 2019, subjek yang minum dua liter limun per hari memiliki penurunan risiko terkena batu ginjal.

6. Membantu Menyerap Lebih Banyak Zat Besi

Ketika kamu tidak mendapatkan cukup zat besi dalam diet, kamu mungkin berisiko kekurangan zat besi atau anemia. Hal ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, dan itu lebih mungkin untuk mempengaruhi wanita dan anak-anak daripada pria. Beberapa orang secara alami lebih sulit menyerap zat besi, itulah sebabnya Moon merekomendasikan untuk menggabungkan makanan kaya zat besi dengan sumber vitamin C, seperti air lemon. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam makanan nabati, menurut National Institutes of Health.

Bentuk zat besi yang paling tersedia—heme besi, yang ditemukan dalam protein hewani—mungkin tidak memerlukan dorongan dari vitamin C. Tetapi vegan, vegetarian, dan orang-orang yang mengonsumsi sumber zat besi nabati dapat menemukan bahwa segelas air lemon di samping makanan mereka dapat membantu menyerap zat besi.

Para peneliti telah menemukan bahwa hingga 30 persen zat besi heme dalam protein hewani diserap, sementara hanya 2 hingga 9 persen zat besi non-heme yang diserap dari sumber nabati. Kacang, bayam, biji-bijian, dan quinoa adalah beberapa contoh sumber zat besi non-heme nabati. Saat Anda makan makanan ini, pertimbangkan untuk menambahkan perasan lemon untuk rasa atau menikmati segelas air lemon untuk manfaat tambahan dari peningkatan penyerapan zat besi.

7. Memiliki Efek Anti-Penuaan

Dalam perawatan kulit, vitamin C dianggap merangsang kolagen, menangkis kerusakan radikal bebas, meningkatkan anti-penuaan, dan menghidrasi sel-sel kulit. Dan minum air lemon mungkin memiliki efek yang sama.

"Selain bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin C dalam jus lemon dapat membantu menciptakan kolagen," kata Carli.

"Produksi kolagen secara alami menurun seiring bertambahnya usia, yang merupakan alasan lain untuk membantu mendukung produksi kolagen alami tubuh Anda dengan menyediakan banyak vitamin C bagi tubuh Anda." Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi ada beberapa bukti bahwa vitamin C meningkatkan sintesis kolagen.

Itu juga bisa memiliki manfaat anti-penuaan di luar penampilan kulit Anda, karena kekuatannya yang menghidrasi. "Sebuah studi tahun 2023 di Lancets menunjukkan bahwa orang dewasa yang tetap terhidrasi dengan baik memperlambat jam biologis mereka," Moon menjelaskan.

"Studi ini menunjukkan bahwa mereka berhasil memperlambat penuaan dini, mereka lebih sehat, hidup lebih lama, dan tidak terlalu terbebani oleh penyakit kronis." Tetap terhidrasi dengan air lemon bisa berarti hidup lebih lama, tetapi juga memastikan tahun-tahun itu lebih menyenangkan dengan kesehatan yang baik.

8. Minuman Sehat Pengganti Soda dan Minuman Manis

Air membentuk lebih dari setengah minuman non-alkohol yang dikonsumsi oleh orang dewasa di Amerika Serikat, tetapi setengah lainnya termasuk minuman manis, buah, dan diet, menurut CDC. CDC juga mencatat bahwa diperkirakan 63 persen orang dewasa AS minum minuman manis setiap hari.

"Pendukung terbesar untuk memasukkan lebih banyak air lemon dalam diet adalah sebagai cara untuk mengganti soda atau minuman manis lainnya dalam rangkaian dietmu," kata Carli.

"Menambahkan buah seperti lemon ke dalam air adalah pilihan yang sangat baik jika kamu mencari alternatif aroma untuk minuman manis."

Sementara gula dapat dinikmati dalam jumlah sedang, mengganti soda, teh manis, dan minuman buah dengan air lemon bisa menjadi cara yang bagus untuk menurunkan asupan gula sambil meningkatkan konsumsi air dan antioksidan.

Sebagai penutup, membuat air lemon sendiri terbilang mudah. Moon merekomendasikan menyertakan kulit lemon ke dalam air. "Cuci lemon dengan baik dan masukkan kulit lemon ke dalam air untuk melepaskan minyak aromatiknya. Lalu potong sepotong dan peras jus juga," ungkapnya.

Semoga sederet manfaat air lemon di atas bisa memperluas alternatif minuman sehat untuk Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari untuk Pencernaan, Berat Badan, dan Kulit

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."