5 Manfat Minum Air Lemon di Pagi Hari dan Cara Benar Membuatnya

Ilustrasi air lemon. Unsplash.com/Fransesca Hotchin

kesehatan

5 Manfat Minum Air Lemon di Pagi Hari dan Cara Benar Membuatnya

Senin, 15 Juni 2020 05:33 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain teh, kopi, atau susu, air lemon bisa menjadi alternatif minuman di pagi hari yang menyehatkan. Terutama buat yang sedang diet, air lemon baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Syaratnya, gunakan perasan dari lemon asli, bukan produk ekstrak atau sirup lemon. Berikut lima manfaat minum air lemon di pagi hari seperti dikutip dari laman Sehatq:

  1. Mengatasi dehidrasi

    Sebagian orang memilih minum teh, kopi, atau susu di pagi hari karena tak suka rasa air mineral yang hambar. Supaya ada cita rasanya, Anda bisa menambahkan irisan lemon atau air perasan lemon ke dalam air mineral.

  2. Meremajakan kulit

    Air lemon mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C juga melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

  3. Mengatasi bau mulut

    Bau naga. Itulah istilah yang biasa disampaikan untuk bau mulut di pagi hari. Untuk mengurangi bau mulut saat bangun tidur, coba minum air lemon karena dapat merangsang produksi air liur. Dengan begitu, masalah bau mulut bisa diminimalisir.

    Air lemon juga membantu dalam mencegah mulut kering. Perlu diketahui, bakteri akan muncul saat saat mulut dalam keadaan kering dan dari situlah bau berasal.

  4. Pencernaan lancar

    Minum air lemon hangat di pagi hari dipercaya menjadi obat pencahar alami untuk mencegah sembelit. Asam dalam buah lemon membantu tubuh mengurai makanan. Sebab itu, sisa makanan pun lebih cepat keluar saat minum air perasan lemon. Bagi yang sedang diet, tentu manfaat ini yang paling ditunggu.

    Namun buat yang memiliki riwayat gangguan pencernaan sebaiknya berhati-hati saat minum air lemon di pagi hari. Minum air lemon saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi dan gejala gangguan pencernaan kambuh karena kandungan asamnya yang cukup tinggi.

  5. Mencegah pembentukan batu ginjal

    Kandungan asam sitrat dalam lemon mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan sitrat dalam air lemon memang tidak sebesar potasium sitrat yang diresepkan oleh dokter. Namun bagi Anda yang ingin meminimalkan penggunaan obat untuk mencegah batu ginjal, minum air lemon secara rutin dapat menjadi alternatif mudah yang bisa dicoba.

Sekarang bagaimana cara membuat air lemon yang tepat. Seperti disebutkan tadi, sebaiknya tidak minum air lemon dari ekstrak, air lemon dalam kemasan, dan sirup lemon. Minumlah dari perasan buah lemon asli.

Caranya, sediakan segelas air mineral secukupnya. Kemudian belah buah lemon dan peras. Campurkan pada air mineral tadi. Singkirkan jika ada bijinya. Anda dapat menambahkan beberapa bahan pangan alami lain, seperti madu, irisan jahe, kayu manis, daun mint, atau mentimun.

SEHATQ