Nadine Chandrawinata Cerita Pakai Sunscreen Sejak SD, Dibiasakan oleh Papa Mamanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nadine Chandrawinata ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, 3 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Nadine Chandrawinata ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, 3 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu sudah memakai tabir surya atau sunscreen sejak kecil, berarti kamu tak sendirian. Artis dan aktivis lingkungan, Nadine Chandrawinata juga menerapkan hal yang sama. Kebiasaan baik untuk merawat kulit itu dibangun oleh kedua orang tuanya.

"Untuk perlindungan sinar matahari, aku diajarin oleh orang tua aku, papa mama. Dari SD (sekolah dasar), aku pakai sunscreen. Aku belum tahu manfaatnya (sunscreen) saat itu.
Dan, aku baru tahu efeknya sekarang (kala dewasa). Permasalahan kulit aku lebih mendingan dibandingkan teman-teman aku yang tidak pakai sunscreen (sedari dini)," ujarnya ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, 3 Mei 2023.

Mengingat sudah menjadi kebiasaan sedari kecil, Nadine tak pernah lupa mengaplikasikan tabir surya dalam rutinitas perawatan kulit atau skincare-nya. Dia pun percaya diri jika keluar rumah belum menggunakan riasan. 

"Aku tak mungkin lepas dari sunscreen. Aku percaya diri banget kalau keluar pakai sunscreen saja," tutur Puteri Indonesia tahun 2005.

Baca juga: Sunscreen Sangat Penting untuk Kulit, Ini 5 Mitos yang Masih Berseliweran

Nadine juga mengatakan dia mengaplikasikan kembali tabir surya dua hingga tiga jam sekali untuk memproteksi kulitnya dari paparan terik sinar matahari.

(dari kiri) Dr. M. Indah Maharani, SpKK; Maharani Anindita : Brand Manager Anessa; Nadine Chandrawinata di acara Anessa Summer House, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, 3 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Cara Nadine Memilih Sunscreen

Istri Dimas Anggara ini mengaku lebih dulu mencari tahu kandungan sebelum membeli produk skincare termasuk sunscreen. Sebab jika tak sesuai dengan kebutuhan kulitnya akan berisiko memicu masalah kulit. Hal itu yang ingin dicegah Nadine. 

"Skincare aku riset dulu ingredients-nya, disesuaikan sama jenis kulit aku. Lalu, untuk memperkaya informasi tanya teman yang sudah menggunakan," ucap Nadine yang mengaku jenis kulitnya termasuk kering.

Nadine juga lebih memilih sunscreen yang ramah lingkungan termasuk tidak merusak terumbu karang, mengingat menyelam salah satu kegiatan favoritnya. 

Sebelum memakai riasan, Nadine biasanya memakai tabir surya jenis krim. Menurutnya, tekstur tersebut cocok untuk fondasi sekaligus memperkuat riasan di wajahnya. Saat beraktivitas di luar ruangan termasuk menyelam, Nadine memilih tabir surya berbentuk gel. Dan, saat mengaplikasikan sunscreen kembali di luar ruangan, dia memilih tabir surya jenis spray.

Djiwa Pakai Sunscreen Sejak Usia 6 Bulan

Mengingat Nadine dibiasakan pakai sunscreen sejak kecil, dia juga menerapkan hal yang sama kepada putrinya, Nadi Djiwa Anggara atau akrab disapa Djiwa. Sejak usia enam bulan, Djiwa sudah memakai sunscreen khusus bayi setiap ke luar rumah.

"Sudah aku biasakan karena kami tiap pagi keliling komplek untuk jalan kaki sambil berjemur. Itu salah satu langkah proteksi kulitnya," ucap perempuan berusia 38 tahun itu

Saat dipakaikan sunscreen, Djiwa tenang dan menikmati, jelas Nadine. Terlebih lagi, di usianya yang sekarang 1 tahun 3 bulan, Djiwa selalu ingin pakai sunscreen saat melihat Nadine melakukannya. "Dia selalu ngeliatin aku. Dia minta (dipakaikan), saat aku pakai sunscreen," pungkas Nadine Chandrawinata.

Pilihan Editor: Bawa Anak saat Bekerja, Nadine Chandrawinata: Pentingnya Komunikasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."