Cara Memilih Sunscreen untuk Melindungi Kulit dan Cara Pakainya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib dipakai setiap orang termasuk perempuan. Sebab produk ini berfungsi melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar ultraviolet yang bisa mengakibatkan kemerahan, flek hitam, kulit terbakar, garis halus dan kerutan, kulit kasar hingga risiko kanker kulit. Untuk mendapatkan produk yang tepat, ada beberapa cara memilih sunscreen yang dipaparkan dokter spesialis kulit dan kelamin, Srie Prihianti atau akrab disapa Yanti beberapa waktu lalu. 

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Melindungi Kulit

1. Wajib Ada SPF dan PA

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang berfungsi melindungi kulit Anda dari terbakar akibat paparan sinar UVB. Sementara, PA adalah singkatan dari Protection Grade of UVA yang bertugas melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A (UVA).

"Harus ada SPF dan PA-nya. Secara konsesus internasional SPF-nya minimum 30, jadi harus 30 ke atas. PA-nya harus plus 3 ke atas," tutur dokter Yanti dalam peluncuran produk sun protection Anthelios UVMUNE 400 dari La Roche Posay di Senayan Park, Jakarta, pada Selasa, 14 Februari 2023.

Baca juga: Ketahui Bahaya Ultra-Long UVA untuk Kulit

2. Tipe Kulit

Memperhatikan tipe kulit adalah cara memilih sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit. "Kita harus lihat produknya apakah cocok untuk semua kulit," tuturnya. Untuk lebih aman lagi, bisa memilih sunscreen untuk tipe kulit sensitif, mengingat akhir-akhir ini kulit masyarakat Indonesia mudah sensitif seperti kemerahan dan mudah gatal, tambah dokter Yanti.

3. Pilih Tekstur yang Disukai

Di pasaran, beragam pilihan sunscreen berupa krim, gel atau losion. Dokter Yanti mengatakan apa pun teksturnya memiliki manfaat yang sama untuk proteksi kulit. Yang membedakan adalah proteksi kekuatan SPF dan PA di label. Maka dari itu, ia menyarankan untuk memilih tekstur yang produk yang disukai, mengingat sunscreen dipakai lebih dari sekali dalam sehari. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Srie Prihianti, ditemui usai konferensi pers peluncuran sun protection Anthelios UVMune 400 dari La Roche-Posay di Senayan Park, Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023. Foto: TEMPO/Mila Novita

Cara Memakai Sunscreen

Yang tidak kalah penting dari cara memilih sunscreen adalah cara memakainya. Menurut dokter Yanti, Anda tidak akan mendapatkan proteksi sunscreen secara optimal, jika cara memakainya salah. Kesalahan paling umum adalah memakai sunscreen tipis dan sekali dalam sehari. 

"Itu tidak akan mendapatkan proteksi dari sunscreen-nya. Dosisnya harus pas. Sepanjang dua ruas jari  untuk satu area saja, wajah, misalnya. atau misalnya untuk anak-anak, ukuran (sunscreen yang digunakan) bisa pakai sendok teh. Sebanyak satu sendok teh untuk wajah dan leher," jelasnya.

"Jumlahnya harus tepat, kalau jumlahnya kurang, tidak maksimal proteksinya. Jika di label tabir surya tertera spf 50, kalau pakai setengahnya, kita tidak dapat spf 25, (melainkan) kita dapatnya 15. Jadi itu gak linier antara jumlah sunscreen yang di-apply dengan proteksinya." lanjutnya.

Untuk sunscreen spray, ia menyarankan penggunaan sebanyak dua kali semprot dengan patokan, dilakukan perlahan, terlihat titik semprot di kulit, dan diratakan.

"(sunscreen) spray tidak disarankan untuk wajah, takutnya kena mata. Sebaiknya untuk badan," ujarnya.

Dokter Yanti juga menekankan pentingnya aplikasi ulang atau reapply sunscreen. Jumlah sunscreen yang dipakai wajib sama dengan pemakaian pertama.

"Kalau aktivitas di luar ruangan, dua sampai tiga jam wajib reapply. Misalnya, berlibur ke pantai, berkeringat, berenang, pasti larut (tabir surya), reapply aja langsung," ucapnya. Hal yang sama juga berlaku pada perempuan dengan makeup tebal.

Pilihan Editor: Tabir Surya, Pahami Arti UVA, UVB, SPF, Water Resistant, PA++++ di Labelnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."