Alasan Pentingnya Makan Buah saat Buka Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu suka makan buah saat buka puasa? Jika belum, simak penjelasan pakar kesehatan, dr Fanny R Imannuddin yang menyarankan orang-orang memilih buah karena mengandung nutrisi lain seperti vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh saat membatalkan puasa ketimbang hidangan manis, juga untuk mendukung proses detoksifikasi.

"Sebaiknya kita konsumsi yang tingkat seratnya tinggi, kadar vitamin juga cukup baik sebagai tambahan antioksidan. Jadi, bukan sekadar gula yang diproses," tutur Fanny yang berfokus pada bidang estetik itu dalam IG Live Morula IVF bersama Cookpad Indonesia bertajuk "Puasa Itu Menyehatkan" pada Jumat, 24 Maret 2023.

Fanny mengingatkan, saat berbuka puasa orang-orang memerlukan glukosa karena lebih cepat dicerna atau diserap tubuh. Glukosa ini dapat berasal dari beragam sumber antara lain buah-buahan, nasi, tepung, ubi yang akan berubah menjadi 12 unit energi. Di antara pilihan ini, buah yang disarankan.

Lebih lanjut, dia juga mengingatkan orang-orang mencukupi kebutuhan nutrisinya saat berbuka puasa dan sahur agar detoksifikasi atau upaya menetralkan racun yang menjadi salah satu manfaat berpuasa selama Ramadhan, dapat berjalan maksimal.

"Kalau pemberian nutrisi saat sahur yang tidak sehat, maka proses detokfisikasi tidak maksimal. Mungkin lebih banyak karbohidratnya, protein, atau makanan yang sifatnya hanya manis saja. Tubuh butuh nutrisi yang lengkap, seimbang," ucap Fanny.

Sebenarnya, tubuh seseorang melakukan detoksifikasi sendiri. Namun proses ini bisa terganggu karena pola nutrisi dan kebiasaan hidup tak sehat termasuk kurang minum air putih, sering mengonsumsi makanan cepat saji dan olahan, kurang tidur, serta stres cukup tinggi.

Dengan berpuasa, tubuh kita bisa melakukan proses detoksifikasinya dengan lancar, kurang lebih sekitar 12 - 14 jam, jelas Fanny.

Tubuh membutuhkan tidur setidaknya tujuh jam dan seseorang disarankan tidur setidaknya empat jam setelah makan malam. "Saat setelah makan tubuh akan memproduksi insulin, kalau kita langsung tidur, maka liver tidak memproduksi secara alami untuk proses detoksifikasinya," tandas dokter Fanny.

Jadi, jangan lupa makan buah saat buka puasa, ya, Sahabat Cantika. Agar kesehatan tubuh terjaga dan proses detoks berjalan lancar.

Pilihan Editor: Kaya Kandungan Air, 5 Buah Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh di Cuaca Panas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."