Hindari 9 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Menjelang Pernikahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu calon pengantin, merawat kulit wajah secara optimal untuk tampilan bercahaya termasuk salah satu daftar persiapan di hari istimewa. Agar hasilnya optimal, ketahui ada beberapa kesalahan perawatan kulit menjelang pernikahan yang dilakukan banyak calon pengantin. Walhasil, kesalahan tersebut menyebabkan munculnya jerawat yang tidak diinginkan, kulit kering, atau warna kulit tidak merata.

Jadi sebelum Anda menggunakan setiap produk perawatan kulit, berhati-hatilah agar tidak menjadi korban beberapa kesalahan perawatan kulit pranikah yang umum. Dari pengelupasan berlebihan hingga mencoba produk baru pada menit terakhir, kesalahan ini dapat merusak kulit Anda dan merusak tampilan hari pernikahan Anda.

Berikut sejumlah kesalahan perawatan kulit menjelang nikah yang paling umum menurut Dr. Batul Patel, ahli kulit selebriti, pendiri dan Direktur Medis The Bombay Skin Clinic, India, dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 29 April 2023.

1. Melewatkan Tabir Surya

Melewatkan tabir surya dalam rutinitas perawatan kulit harian, terlebih menjelang hari istimewa adalah kesalahan tersebar. Menggunakan tabir surya sangat penting, tidak hanya untuk melindungi Anda dari sinar matahari, tetapi juga untuk mendorong pemulihan kulit Anda setelah pigmentasi. Anda dapat memilih tabir surya fisik karena tidak terlalu mengiritasi kulit Anda daripada tabir surya kimiawi. Mengoleskan kembali tabir surya Anda setiap 2-3 jam sangat penting untuk memastikan kulit Anda tetap terlindungi.

2. Memutihkan Kulit

Memutihkan kulit dapat menyebabkan luka bakar kimia yang dapat membuat kulit kamu tampak merah. Oleh karena itu, lebih baik menghindari melakukannya sebelum pernikahan.

3. Eksfoliasi Kimia

Jangan melakukan pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi kimia menjelang hari pernikahan. Anda harus mendapatkan pengelupasan kimia setidaknya 2-3 minggu sebelum pernikahan Anda. Jika Anda melakukan pengelupasan kimia menjelang pernikahan, hal itu dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan bersisik.

Selain itu, setelah mengupas kulitnya, jika Anda tidak berhati-hati saat berjemur di bawah sinar matahari, Anda mungkin mengalami hiperpigmentasi. Oleh karena itu, disarankan untuk mendapatkan perawatan seperti itu lebih awal karena reaksi apa pun terhadapnya dapat ditangani tepat waktu.

4. Memakai Produk Baru ke dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Kamu harus menghindari memasukkan produk atau bahan baru apa pun ke dalam rutinitas perawatan kulit atau skincare Anda karena kamu tidak tahu bagaimana reaksi kulit kamu terhadapnya - mungkin bekerja sesuai keinginan atau membuat kondisinya semakin buruk. Selain itu, sebagian besar produk membutuhkan waktu untuk bekerja.

5. Memakai Retinol

Retinol bisa mengeringkan kulit, menyebabkan kemerahan, dan dalam beberapa kasus, bahkan mengelupas kulit. Oleh karena itu, retinol digunakan hanya jika kulit benar-benar terpapar. Saat kamu menggunakan retinol di malam hari, wajib memakai tabir surya yang baik di siang hari.

6. Facial di Menit-menit Terakhir

Waktu terbaik untuk melakukan full facial adalah sekitar seminggu sebelum pernikahan. Ini memberi Anda waktu untuk pulih dari jerawat yang mungkin muncul setelah facial.

7. Suntikan di Wajah

Hindari suntikan sebelum pernikahan Anda karena hal ini dapat mengakibatkan berkembangnya memar dan karenanya, harus dihindari setidaknya 10 hari sebelum pernikahan.

8. Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik

Meningkatnya suhu selama musim panas dapat mengindikasikan peningkatan kelembapan yang dapat menyebabkan kulit Anda memproduksi lebih banyak minyak. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pembersih berbusa atau gel, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak.

9. Memakai Pelembap Berlebihan

Menggunakan terlalu banyak pelembap pada kulit termasuk kesalahan perawatan kulit menjelang pernikahan yang kerap terjadi. Sebab hal tersebut tak hanya menyumbat pori-pori, tapi juga bisa menimbulkan jerawat, pustula, dan komedo.

Pilihan Editor: Kesalahan Umum Merawat Kulit Wajah, Masih Terbalik saat Memakai Serum dan Pelembap

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."