5 Hal yang Dibutuhkan dalam Membangun Hubungan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui bersama hubungan sehat tidak dibangun di atas cinta saja. Hubungan apa pun, termasuk romansa, butuh dirawat secara konstan, rasa hormat, kepercayaan, dan komunikasi terbuka. Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena orang berjuang untuk mendapatkan elemen dasar ini dengan benar. 

"Cinta itu penting, tapi bukan hanya itu yang kita butuhkan...Semakin tua usiaku, semakin aku menyadari bahwa cinta saja tidak cukup untuk membuat hubungan berhasil. Siapa pun yang menjual mimpi itu kepada kita berbohong. Berpikir bahwa cinta cukup untuk mempertahankan hubungan kita menciptakan banyak harapan palsu, melanggengkan tinggal dalam hubungan disfungsional, dan menciptakan penghindaran versus menangani hal-hal secara langsung," jelas Alexandra Elle, penulis buku terlaris How We Heal dan pengajar penulisan restoratif dikutip dari Hindustan Times, pada Kamis, 28 April 2023.

Menurutnya lagi, meskipun cinta tidak diragukan lagi merupakan unsur penting dalam setiap hubungan yang sukses (romantis, platonis, atau kekeluargaan), cinta saja tidak dapat menopang kita.

"Seiring bertambahnya kedewasaan emosional dan berhenti hidup di dunia dongeng, saya mulai jujur tentang hal-hal lain yang saya perlukan untuk berkontribusi agar memiliki hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar saya. Menikah dan memiliki sekelompok teman dekat membuka mata saya untuk banyak hal selama bertahun-tahun," tambah sang ahli.

Berikut ini lima hal yang dibutuhkan dalam membangun hubungan sehat.

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang sehat. Menurut Elle, selama bertahun-tahun, dia telah belajar bahwa komunikasi yang baik melibatkan mendengarkan secara aktif, mengungkapkan perasaan dan kebutuhan dengan jelas, serta bersedia untuk berkompromi.

Baca juga: 20 Cara Membangun Komunikasi yang Sehat dengan Pasangan

2. Kepercayaan

Kepercayaan itu penting, dan itu melibatkan sikap dapat diandalkan, jujur, dan transparan dengan diri sendiri dan orang lain. Itu dibangun dari waktu ke waktu melalui tindakan dan perilaku konsisten yang menunjukkan komitmen dan rasa hormat Anda terhadap hubungan tersebut.

3. Nilai yang Sama

Hubungan dengan orang-orang yang memiliki nilai atau value, tujuan, dan minat yang sama dapat menjadi pilar utama dalam hubungan yang memuaskan. Menyelaraskan nilai-nilai Anda dengan orang-orang di komunitas Anda membuat perbedaan.

4. Kompromi

Hubungan membutuhkan kompromi dan fleksibilitas. Ini berarti bersedia melakukan penyesuaian. Menemukan jalan tengah dan bekerja sama untuk memecahkan masalah, bahkan yang tidak nyaman, adalah kerja keras, tetapi itu sepadan.

5. Menetapkan Batasan dan Menghormatinya

Menetapkan dan menghormati batasan sangat penting untuk hubungan sehat. Menghormati privasi, ruang, dan kebutuhan individu satu sama lain diperlukan. Ini juga berarti mampu mengomunikasikan batasan dengan jelas tanpa rasa malu atau bersalah.

Pilihan Editor: 8 Cara Membuat Pasangan Nyaman dalam Hubungan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."