6 Cara agar Suami Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam kebanyakan kehidupan pernikahan, suami jarang membantu pekerjaan rumah tangga. Diasumsikan bahwa istri akan menangani semuanya dan itu adalah tugasnya. Sebenarnya, tidak ada aturan seperti itu. Pernikahan adalah tentang kemitraan yang setara. Jadi, jika Anda ingin suami membantu pekerjaan rumah tangga, berikut sejumlah cara yang disarankan.

1. Berkomunikasi dengan Jelas

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apa pun, dan ini sangat penting dalam membagi pekerjaan rumah tangga. Duduklah dengan suami Anda dan bicarakan dengan jujur tentang perasaan Anda dan apa yang Anda butuhkan darinya. Jadilah spesifik tentang tugas dan jelaskan mengapa itu penting bagi Anda.

2. Buat Daftar Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan rumah tangga dapat dengan mudah diabaikan, jadi cobalah membuat daftar semua pekerjaan yang perlu dilakukan secara teratur. Bagilah tugas yang bisa Anda lakukan bersama dan tugas yang bisa diurus suami Anda.

Baca juga: 4 Tanda Anda dan Suami Butuh Konseling Pernikahan

3. Tetapkan Ekspektasi

Setelah Anda membuat daftar pekerjaan, tetapkan harapan yang jelas satu sama lain. Putuskan siapa yang akan bertanggung jawab untuk setiap tugas dan seberapa sering tugas itu perlu dilakukan. Ini sangat membantu dalam mencegah kesalahpahaman dan memastikan bahwa Anda berdua berada dalam pemikiran yang sama.

4. Memberi Contoh

Jika suami Anda tidak terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga, dia akan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Cobalah memberi contoh dan pastikan melakukan tugas Anda sendiri secara konsisten. Ini akan menunjukkan kepada suami Anda bahwa Anda berkomitmen untuk berbagi beban kerja dan bahkan mungkin menginspirasi dia untuk berbuat lebih banyak.

5. Buat Jadwal

Buatlah jadwal karena terkadang sangat membantu dalam memastikan bahwa semua tugas yang diperlukan dapat diselesaikan. Duduk dan bekerja sama untuk membuat jadwal yang baik untuk Anda berdua. Pertimbangkan jadwal kerja Anda dan komitmen lain yang mungkin Anda miliki.

6. Tunjukkan Apresiasi

Sangat penting untuk menunjukkan penghargaan atas upaya satu sama lain, jadi pastikan untuk berterima kasih kepada suami Anda saat dia membantu pekerjaan rumah tangga. Penguatan positif bisa sangat membantu dalam mendorong perilaku yang baik.

Semoga enam cara di atas bisa membuat suami membantu pekerjaan rumah tangga, jika belum mencoba berkompromi.

Pilihan Editor: 30 Kata-Kata Terima Kasih untuk Suami Tercinta

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."