Rayakan Hari Kartini, Eva Celia Bangga Lahir dan Besar di Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Eva Celia dan sang ibu, Sophia Latjuba/Instagram @Evacelia

Eva Celia dan sang ibu, Sophia Latjuba/Instagram @Evacelia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Eva Celia mengaku bangga lahir dan besar di Indonesia. "Sebagai seorang feminis yang lahir dan besar di Indonesia, aku sangat bersyukur atas perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam upaya membawa kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki di Indonesia," tulisnya di Instagram pada 21 April 2023. 

Eva Celia mengatakan perjuangan Raden Ajeng Kartini membuatnya menjadi terpelajar dengan membaca dan menulis saat ini. "Aku, dan banyak dari kalian yang sekarang sedang membaca tulisan ini, mungkin tidak ada di posisi yang sama tanpa perjuangan Ibu Kartini pada masa itu," tulisnya. 

Ia pun bangga sekaligus merasa beruntung dikelilingi oleh para perempuan yang mengedepankan emansipasi. "Aku termasuk perempuan yang cukup beruntung telah dibesarkan oleh sosok-sosok perempuan yang mencontohkan hidup sebagai perempuan dengan emansipasi," tulisnya. 

Eva Celia menampilkan 5 foto sosok perempuan yang berada dalam kehidupannya. Dua di antara foto itu menampilkan sang ibu, Sophia Latjuba dan juga sang tante, Mira Lesmana. Para perempuan di foto itu, kata Eva Celia bisa memiliki sifat yang memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. "Semua perempuan di foto-foto ini adalah sosok yang kuat, beropini, berprinsip, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka masing-masing," katanya.

Sambil mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini, Eva Celia paham bahwa perjalanannya masih sangat panjang. "Melihat perjuangan R.A. Kartini yang berani, yang telah memeberikan dampak sejarah yang signifikan di Indonesia, serta menjadi pelopor emansipasi perempuan, membuat saya teringat bahwa perjalanan kami masih panjang. Masih banyak perjuangan yang perlu dilakukan demi memberdayakan seluruh perempuan di Indonesia, bukan hanya yang tinggal di kota," lanjutnya.

Ia pun mengajak semua wanita di Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan Ibu Kita Kartini. "Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia. Mari kita sama-sama lanjutkan perjalanan Ibu kita Kartini," katanya. 

Pilihan Editor: Cerita Eva Celia Pernah Tak Percaya Diri dengan Rambut Keritingnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."