4 Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Haid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum air putih. Pixabay.com/Engin_Akyurt

Ilustrasi wanita minum air putih. Pixabay.com/Engin_Akyurt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara meredakan gejala haid seperti kram atau nyeri dengan mengonsumsi minuman sehat tertentu. Selain menghidrasi, kandungan vitamin, mineral, dan gizi lainnya di dalam minuman tersebut bisa membantu wanita mengatasi ketidaknyamanan selama siklus haid. Apa saja itu? Berikut ini minuman yang baik dikonsumsi saat haid menurut Anita Sadaty, dokter kebidanan dan kandungan, juga minuman apa yang harus dihindari selama siklus menstruasi

Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Haid

1. Air Putih

"Air putih adalah pemenang di antara minuman apa pun yang harus Anda konsumsi saat haid," kata Sadaty dikutip dari Mind Body Green, pada Kamis, 20 April 2023. "Itu karena menghidrasi, membantu detoksifikasi, dan pemurnian yang semuanya dapat melakukan keajaiban dalam hal menyeimbangkan hormon Anda."

Targetkan delapan gelas sehari untuk membantu mengatasi kembung, kelelahan, dan dehidrasi.

2. Smoothie Hijau

Buat smoothie dengan sayuran hijau dan beri untuk mendapatkan minuman yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan vitamin A dan C khusus (ditemukan dalam makanan ini) mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

3. Jus Wortel

Bagi mereka yang ingin memilih jalur jus daripada smoothie, Sadaty merekomendasikan jus wortel untuk alasan yang sama.

4. Teh Herbal

“Sejumlah herbal yang membantu pencernaan, seperti peppermint dan jah, juga  dapat membantu melawan gas dan kembung yang terjadi saat haid,” kata Sadaty. "Teh chamomile adalah pilihan lain yang sangat baik karena dapat meredakan kram dan membantu mengatasi gangguan tidur."

Baca juga: 5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

Minuman yang Dihindari saat Haid

Saat Anda mengalami nyeri haid, minuman berikut sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh Anda. 

1. Minuman Beralkohol

“Minuman beralkohol tidak hanya akan membuat Anda dehidrasi, tetapi juga tidak baik untuk hati,” kata Sadaty. "Konsumsi minuman alkohol tidak ideal dalam dua minggu menjelang dan selama menstruasi Anda, karena tubuh Anda mengalami perubahan hormonal sehingga hati juga rusak."

2. Soda atau Minuman Tinggi Gula

Minuman sarat gula akan membuat Anda dehidrasi mirip dengan alkohol, tetapi gula itu sendiri menyebabkan peradangan pada tubuh. Ada hubungan langsung dengan intensitas gejala menstruasi dan peradangan yang tinggi di dalam tubuh, jadi mengurangi kelebihan gula dari diet Anda akan membuat perbedaan besar.

Pilihan Editor: 6 Penyebab Pusing saat Haid

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."