5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

Ilustrasi teh chamomile. Pixabay.com

kesehatan

5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

Senin, 20 Juni 2022 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak di antara kita memilih minum teh untuk redakan stres. Terapi teh tidak hanya meningkatkan semangat, tetapi juga dapat menghilangkan stres sekaligus memberikan kenikmatan yang sempurna pada lidah. Jika Anda mencari teh yang tidak sarat gula, kaya akan kebaikan vitamin dan mineral serta berdampak positif redakan stres, berikut lima jenis teh herbal untuk redakan stres:

Selain mengurangi tingkat stres, teh ini juga meningkatkan tidur sambil merangsang semangat dari dalam tubuh.

1. Teh Chamomile

Daun chamomile yang halus terkenal memberikan relaksasi instan pada tingkat stres tinggi. Teh chamomile sangat bagus untuk mengakhiri hari yang sibuk karena sifat penenangnya yang ringan memiliki efek yang sangat menenangkan pada otak dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Daun segar atau kering dapat digunakan untuk menyiapkan teh yang diresapi air panas untuk relaksasi yang luar biasa dan untuk meningkatkan tekanan kognitif.

2. Kahwa

Kahwa adalah obat kuno yang disiapkan dengan penggabungan bahan-bahan alami yang kaya termasuk daun teh hijau, rempah-rempah utuh, kacang-kacangan, dan kunyit. Kaya akan antioksidan, kahwa menurunkan hormon stres dalam tubuh yang juga dikenal sebagai kortisol dan membantu meningkatkan suasana hati. Ini membantu dalam meningkatkan kualitas tidur dan meredakan gejala stres sambil membuang racun dari tubuh.

3. Teh Sage

Sage adalah ramuan yang luar biasa untuk mengendurkan otot tegang Anda. Teh sage tidak hanya bisa menjadi obat untuk kelelahan mental Anda, tetapi juga merupakan obat serbaguna untuk mengobati nyeri tubuh. Ramuan tradisional ini membantu meningkatkan daya ingat, fungsi otak sekaligus menambah suasana hati, kewaspadaan, dan ketenangan secara instan.

4. Teh Ashwagandha

Ashwagandha adalah ramuan kuno yang telah digunakan untuk banyak tujuan pengobatan. Ini dapat membantu memerangi flu musiman, meningkatkan kekebalan, dan bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental Anda.

Teh Ashwagandha juga membantu meningkatkan kesehatan mental dengan mendukung kualitas tidur, dan mengurangi gejala stres dan kecemasan. Ini juga membantu meningkatkan endorfin perasaan baik dalam tubuh yang membuat Anda tetap penuh perhatian dan fokus untuk waktu yang lebih lama, sehingga meningkatkan produktivitas.

5. Teh Kemangi

Kemangi alias Tulsi adalah ramuan tradisional yang terkenal menyembuhkan berbagai penyakit kesehatan. Tulsi memiliki sifat antidepresan yang dapat menghilangkan gejala stres psikologis. Rasa teh tulsi yang menyegarkan memiliki efek menenangkan pada otak dan saraf stres yang selanjutnya memberikan kejernihan mental sekaligus membuat pikiran aktif.

Coba konsumsi salah satu di antaranya jika tengah dilanda stres. Tentukan rasa dan aroma mana yang paling Anda sukai.

Baca juga: Empat Tips Penting Racikan Teh Agar Semakin Nikmat

PINK VILLA