Minim Budget, Begini Tips Dekorasi Ruang Keluarga Menyambut Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Inspirasi Ruang Keluarga ala Dekoruma. Foto:  Dok. Dekoruma

Inspirasi Ruang Keluarga ala Dekoruma. Foto: Dok. Dekoruma

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, keinginan mempercantik ruang keluarga di rumah semakin meningkat. Hal itu didorong oleh indahnya momen kebersamaan kumpul keluarga inti ataupun keluarga besar di hari kemenangan. Nah, bagi Anda yang ingin mendekorasi ruang keluarga, tapi minim anggaran alias budget, berikut sejumlah tips yang bisa disontek.

Memilih sarung bantal dengan detail atau corak baru termasuk salah satu tips mendekorasi ruang keluarga minim budget. Aksesori rumah ini bisa menjadi item pengubah suasana.

"Tips mudah membuat ruangan keliatan beda, bisa dari cushion (bantal sofa atau kursi). Bisa disesuaikan dengan tema ruangan kita," tutur Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma, di Pakubuwono, Jakarta Selatan, pada Kamis, 13 April 2023. 

Misal sofa Anda terdapat enam bantal, dua di antaranya diganti dengan sarung bantal bermotif atau aksen lainnya yang tetap serasi dengan tema ruangan. Bisa pilih warna turunan atau motif senada dengan sofa.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan dekorasi bernuansa Idul Fitri seperti hiasan bentuk ketupat, lentera, ataupun kaligrafi. Atau menggunakan karpet atau permadani koleksi Anda lainnya 

Tips berikutnya adalah mengecat salah satu dinding di ruang keluarga. Efek kontras ini juga bisa membuat dekorasi ruang keluarga lebih cantik dan segar. "Mau bikin suasana beda, kita bisa cat salah satu dinding ruang keluarga yang jadi vocal point," jelasnya.

Bisa juga menambahkan tanaman atau bunga segar di ruang keluarga, tambah Kania. Bunga segar dengan aroma wangi semerbak juga bisa menambah keistimewaan di Hari Raya Idul Fitri.

Bagi yang tidak memiliki anggaran untuk mendekorasi ruang keluarga, Kania menyarankan untuk menata ulang ruangan dengan tetap memperhatikan ruang gerak dan sirkulasi. "Hanya butuh tenaga, dengan me-relayout (menata ulang) ruangan. Tata letak sofa, meja, dan sirkulasinya juga," tuturnya. Jika Anda memiliki sofa bentuk L yang bisa diubah posisinya, Anda bisa mengubah tata letak berbeda dari sebelumnya.

Pilihan Editor: Tips Menata Meja Makan Menyambut Lebaran, Peralatan Makan Bisa jadi Highlight

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."